Coba Pekerjaan Sampingan Ini untuk Dapat Penghasilan Tambahan

Kompas.com - 28/07/2022, 18:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berdampak ke masyarakat, terutama dari sisi finansial. Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) mencatat sebanyak 29,4 juta orang di Indonesia merasakan dampak dari pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 menyadarkan banyak pihak, pentingnya memiliki dana darurat, yang didapat dari menyisihkan sebagian pendapatan. Namun, tak semua orang bisa menabung dana darurat.

Sebagian orang butuh pekerjaan sampingan, yang bisa menambah pundi penghasilan agar bisa menabung untuk dana darurat.

Pekerjaan sampingan bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari mereka yang memang sudah bekerja, mereka yang baru lulus kuliah, bahkan ibu rumah tangga.

Berikut ini contoh tiga pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan uang serta tidak diperlukan pendidikan tinggi untuk menjalankannya.

Baca juga: Wahai Mahasiswa yang Hobi Rebahan, Ini 7 Pekerjaan Sampingan Cocok Buat Kamu

1.Membuka Katering Rumahan

Untuk ibu rumah tangga atau pekerja rumahan, jika Anda punya resep spesial ataupun resep turun temurun, kalian dapat membuka usaha katering rumahan atau melayani pesanan katering secara online.

Hal ini banyak dilakukan oleh sebagian besar ibu-ibu di Indonesia karena selain menekuni hobi yang mereka senangi, mereka dapat menghasilkan uang tambahan dengan cara yang menyenangkan.

Mengerjakan bisnis katering rumahan tentu diperlukan kemampuan memasak yang besar, walau Anda tidak perlu memiliki pendidikan tinggi untuk menekuni profesi ini. Pastikan koneksi serta kreativitas Anda selalu berkembang, sehingga bisnis yang dijalankan dapat terus memberikan penghasilan tambahan.

Baca juga: 10 Pekerjaan Sampingan Bergaji Tinggi, Anda Minat?

2.Menawarkan Jasa Freelance

Jika Anda memiliki keahlian khusus atau hobi seperti keahlian dalam bidang translator, copywriter, editor, designer, photo atau videografer, maka keahlian ini dapat menjadi modal untuk memiliki penghasilan tambahan di kemudian hari.

Banyak dari perusahaan atau institusi yang membutuhkan jasa freelance untuk bidang-bidang ini, tentunya hal ini dapat kalian kerjakan tengah-tengah waktu luang yang Anda miliki.

Pekerjaan sampingan ini tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi untuk menjadikan Anda ahli dalam bidangnya. Cukup ketekunan dan koneksi yang kuat, Anda dapat menjadikan hobi ini sebagai sumber keuangan yang besar di kemudian hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.