Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BFI Finance Catat Kenaikan Laba Tumbuh 70,1 Persen pada Semester I-2022

Kompas.com - 28/07/2022, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance/BFIN) berhasil mencetak laba sebesar Rp 828,9 miliar pada semester I-2022. Angka ini tumbuh 70,1 persen secara tahunan (yoy).

Pertumbuhan laba ditopang oleh total pendapatan BFI Finance yang mencapai Rp 2,45 triliun atau tumbuh 25,3 persen yoy.

Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono mengatakan, tren positif ini didorong oleh pulihnya daya beli masyarakat dan dunia usaha.

Dengan demikian, kondisi tersebut meningkatkan kebutuhan untuk penggantian unit lama serta penambahan unit baru untuk mendukung aktivitias bisnis konsumen.

Baca juga: BFI Finance Catat Pembiayaan Baru Sebesar Rp 8,53 Triliun pada Semester I-2022, Tumbuh 40,8 Persen

Ia menambahkan, realisasi pembiayaan baru (booking) sebanyak Rp 8,53 triliun sepanjang semester I-2022. Angka tersebut naik 40,8 persen secara tahunan.

Tak hanya itu, total aset perusahaan turut terdongkrak sebesar 27,7 persen secara tahunan atau menjadi Rp 18,14 triliun per akhir Juni silam.

Hal ini sebagian besar berasal dari piutang pembiayaan neto sebesar Rp 15,94 triliun yang merupakan 87,9 persen dari total aset perusahaan.

Baca juga: Pembiayaan Baru BFI Finance Kuartal I 2022 Capai Rp 4,8 Triliun

Sementara itu, total piutang yang dikelola (managed receivables) saat ini senilai Rp 16,8 triliun atau naik sebesar 23,2 persen yoy.

Portofolio pembiayaan dari managed receivables berdasarkan jenis aset konsumen didominasi oleh pembiayaan mobil bekas dan baru sebesar 70 persen atau senilai Rp 11,75 triliun.

Selanjutnya, disusul oleh pembiayaan alat berat dan permesinan sebesar 12 persen, pembiayaan motor bekas 10,8 persen, property-backed financing 2,7 persen, dan sisanya berasal dari pembiayaan syariah dan chanelling dengan anak usaha, yakni Pinjam Modal (PT Finansial Integrasi Teknologi).

Peran Pinjam Modal adalah menjembatani penyaluran pinjaman kepada segmen-segmen debitor yang belum mampu mendapatkan akses pembiayaan secara konvensional.

“Sejauh ini, performa positif semester pertama 2022 menunjukkan bahwa target kami dalam mengembalikan size bisnis ke level normal seperti sebelum pandemi Covid-19 tercatat on-track. Tentunya, pencapaian ini berkat kepercayaan dan dukungan seluruh stakeholders kepada BFI Finance,” tandas Sudjono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com