Bank Mandiri Mengaku Siap jika OJK Setop Kebijakan Restrukturisasi Kredit Terdampak Covid-19

Kompas.com - 29/07/2022, 06:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengaku siap apabila Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak memperpanjang relaksasi restrukturisasi kredit bagi debitur yang terdampak Covid-19 pada Maret 2023.

Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin mengatakan, Bank Mandiri telah mempersiapkan langkah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi cliff effect jika kebijakan ini dihentikan.

"Kami belum tahu apakah itu akan diperpanjang atau tidak, tetapi kami melakukan tugas kami dengan asumsi bahwa di Maret 2023 kebijakan tersebut mungkin tidak diperpanjang lagi," ujar Siddik saat konferensi pers, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Ini Ancang-ancang BRI Jika OJK Tak Perpanjang Relaksasi Restrukturisasi Kredit UMKM

Dia menjelaskan, sejak pertengahan 2022, pihaknya setiap bulan terus menganalisis dan melakukan penyisihan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) untuk kredit restrukturisasi Covid-19.

Langkah tersebut dilakukan agar Bank Mandiri dapat menghitung kecukupan pencadangan kerugian seiring dengan perkembangan makro ekonomi di Indonesia dan global.

"Sehingga, apabila kebijakan restrukturisasi oleh OJK tidak diperpanjang di Maret 2023, Bank Mandiri dan seluruh perusahaan anak, including Bank Syariah Indonesia, Bank Mantap, MTF (Mandiri Tunas Finance), MUF (Mandiri Utama Finance), kami sudah siap dan tidak akan terjadi cliff effect," tegas Siddik.

Baca juga: Apa itu Restrukturisasi Kredit, Syarat, dan Contohnya

Selain itu, Bank Mandiri juga akan terus berupaya mengurangi angka restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 hingga tahun depan.

Tercatat sampai dengan akhir Juni 2022 posisi restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 di Bank Mandiri kian melandai menjadi Rp 58,2 triliun. Jumlah tersebut sudah lebih rendah dari posisi Juni 2021 yang mencapai Rp 96,5 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.