Perluas Layanan Digital, Bank Mandiri Luncurkan 241 Smart Branch by Mandiri

Kompas.com - 29/07/2022, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meluncurkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di 89 kota/kabupaten dan 29 provinsi di Indonesia pada Jumat (29/7/2022).

Peluncuran smart branch ini merupakan upaya Bank Mandiri mentransformasikan kantor cabangnya menjadi berbasis teknologi.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, langkah transformasi digital ini merupakan bagian dari inisiatif Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air.

Baca juga: Bank Mandiri Ingin Punya Bank Digital, Kaji Pemisahan Usaha Livin by Mandiri

Untuk itu, transformasi Smart Branch by Mandiri akan hadir dalam tiga tipe, antara lain Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch.

Digital Box untuk nasabah yang membutuhkan layanan perbankan tanpa antrian, Hybrid Branch untuk nasabah yang membutuhkan layanan cepat dan terdigitalisasi, dan Upgrade Branch (Digital Corner) untuk nasabah yang membutuhkan pendampingan staf untuk bertransaksi dan beragam kebutuhan financial yang kompleks lainnya.

"Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

Ketiga jenis cabang tersebut dilengkapi dengan self-service machine seperti ATM Setor Tarik, Customer Service Machine (CSM), Video Conference Box yang dapat memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri, dan General Banker yang akan memberikan solusi financial kepada nasabah.

Baca juga: Bank Mandiri Mengaku Siap jika OJK Setop Kebijakan Restrukturisasi Kredit Terdampak Covid-19

Dia menjelaskan, Smart Branch by Mandiri dapat memberikan kemudahan transaksi perbankan bagi nasabah karena proses layanannya yang terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri.

Melalui fitur Layanan Cabang di aplikasi Livin’ by Mandiri, nasabah dapat membuat reservasi sebelumnya untuk bertransaksi di Smart Branch by Mandiri dengan lebih cepat, mudah, aman dan sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, bagi nasabah yang belum melakukan reservasi melalui Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri tetap menghadirkan kemudahan transaksi dengan adanya electronic form (e-Form) yang paperless.

"Dengan implementasi sistem operasional cabang yang baru, keamanan transaksi nasabah dapat dijaga dengan baik melalui metode personal approval yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri," jelas Darmawan.

Dengan inovasi ini, diharapkan seluruh nasabah dan masyarakat di Indonesia dapat merasakan pengalaman perbankan baru bukan hanya di Ibu Kota, tapi juga di seluruh wilayah Indonesia serta mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, karena Bank Mandiri peduli dan selalu hadir di dekat nasabah.

Baca juga: Semester I 2022, Bank Mandiri Tutup 40 Kantor Cabang, Siapkan 241 Smart Branch

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.