Sang Ketum Mardani Maming Ditahan KPK, Ini Respons Hipmi

Kompas.com - 30/07/2022, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming sebagai tersangka. Putra pengusaha kaya raya asal Kalimantan Selatan Haji Maming ini diduga menerima suap dan gratifikasi terkait izin usaha pertambangan di Kabupaten Tanah Bumbu.

KPK menyatakan bahwa Mardani Maming telah menyalahkan kewenangan pemberian izin usaha pertambangan operasi dan produksi di wilayahnya selama menjabat. Salah satu pihak yang dibantu Mardani yakni PT Prolindo Cipta Nusantara (PCN) milik Henry Soetio pada 2010.

Dalam kasus dugaan suap tersangka selama menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming diduga menerima suap lebih dari Rp 104,3 miliar.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, Mardani Maming langsung ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK pada Pomdam Jaya Guntur selama 20 hari pertama.

Baca juga: Kriteria Lengkap 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Respons Hipmi

Sebagai penerus bisnis ayahnya Haji Maming, Mardani Maming merupakan pengusaha muda pemilik bisnis Batulicin Enam Sembilan Group yang bisnisnya bergerak di tambang batu bara dan jasa terkait seperti jasa pengangkutan batu bara, pelayaran, hingga jasa keamanan.

Ia juga merupakan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), organisasi pengusaha muda yang sangat diperhitungkan di Indonesia di bawah Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Sekretaris Jenderal BPP Hipmi, Bagas Adhadirgha, menyampaikan bahwa pihaknya sangat menghormati proses hukum yang sedang dijalani oleh Ketua Umum Mardani Maming dan menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.

Dipastikan seluruh program-program kerja Hipmi tetap berjalan sesuai dengan mekanisme organisasi.

Baca juga: Biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung Setara Bangun 114 Km MRT Jakarta Fase I

"Ketum Mardani Maming telah menujuk Plt Ketua Umum BPP HIPMI yaitu saudara Eka Sastra yang merupakan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan (OKK), agar beliau dapat berkonsentrasi dengan kasus yang dihadapi," kata Bagas dalam keterangan resminya dikutip pada Sabtu (30/7/2022).

"Hal ini murni inisiatif dari Ketum Maming terkait Plt Ketum, hal ini menunjukkan beliau adalah pemimpin yang bijaksana," ujarnya lagi. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.