Astra dan Toyota Bentuk Perusahaan Penyewaan Kendaraan

Kompas.com - 30/07/2022, 11:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Arya Kharisma (AKH), anak perusahaan dari PT Astra International Tbk (Astra), dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (TMAP), anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation (TMC), mengumumkan pembentukan perusahaan patungan atau joint venture (JV) dengan komposisi tiap-tiap perusahaan sebesar 50 persen.

Perusahaan tersebut menyediakan jasa penyewaan kendaraan komersial dengan pelayanan lengkap (full service rental). Adapun, perusahaan yang berbasis di Jakarta tersebut akan bernama PT Mobilitas Digital Indonesia.

Perusahaan patungan ini ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal IV tahun 2022.

Baca juga: Astra Internasional Buka Lowongan Kerja, Fresh Graduate Welcome...

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, pemulihan perekonomian nasional menunjukkan potensi pasar pada sektor transportasi dan logistik.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), ia bilang, salah satu pendorong pemulihan pertumbuhan ekonomi nasional adalah sektor transportasi dan pergudangan atau logistik.

Pada kuartal I tahun 2022, sektor transportasi dan logistik tumbuh 15,79 persen, tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 4,62 persen.

“Pembentukan JV ini akan memperluas dan memperkuat kemitraan antara Astra dan Toyota. Kami berharap PT Mobilitas Digital Indonesia dapat berperan dalammeningkatkan kelancaran mobilitas arus distribusi dan transportasi di Indonesia, sehingga dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia,” ujar dia dalam siaran pers, dikutip Sabtu (30/7/2022).

Sementara itu, Presiden Direktur AKH Gidion Hasan menyampaikan pada tahap awal, JV ini akan fokus menjalankan usaha penyewaan kendaraan komersial di Pulau Jawa.

"Seluruh masyarakat umum termasuk pelaku usaha skala kecil hingga besar dapat menikmati penyewaan kendaraan komersial efektif, efisien, dan berdaya saing yang disediakan oleh PT Mobilitas Digital Indonesia,” ungkap dia

Sedangkan, Chief Executive Officer TMC Region Asia dan Presiden TMAP Hao Quoc Tien menuturkan, JV ini adalah pilar yang tidak terpisahkan dalam strategi perusahaan untuk mewujudkan visi Toyota ‘Mobility for All’ di Asia.

"Astra adalah mitra lama kami yang terpercaya, dan saya senang kami memasuki fase baru dari kolaborasi kami dengan perusahaan baru ini. Saya yakin kami akan dapat berkontribusi pada ‘mass production of happiness’ di Indonesia, dengan menyediakan solusi mobilitas yang efisien dan berkualitas,” tandas dia.

Baca juga: Garap Mobil Listrik, Toyota Bakal Investasi Rp 27 Triliun di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.