Pelindo Teluk Bayur Sosialisasikan Manfaat NIB untuk Pelaku UMKM

Kompas.com - 01/08/2022, 15:50 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Pelindo Regional 2 Teluk Bayur melakukan sosialisasi manfaat Nomor Induk Berusaha (NIB) ke pelaku usaha dan UMKM di Kota Solok, Sumatera Barat, Sabtu (30/7/2022) sembari menggelar pasar murah dan bazar. 

Dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga membeberkan sejumlah manfaat memiliki NIB bagi pelaku usaha dan UMKM. 

"Hari ini BUMN hadir di tengah masyarakat dengan menggelar pasat murah, bazaar UMKM serta sosialiasi NIB," kata Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022) di sela-sela acara.

Arya mengatakan NIB adalah identitas pelaku usaha. Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usahanya.

Baca juga: Ada OSS dan NIB Gratis, UMKM Bisa Mulus Dapat Fasilitas Kredit Perbankan

Selain itu, NIB bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan hak akses kepabeanan.

"Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha akan terdaftar pula sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan," kata Arya.

Selain menyosialisasikan NIB itu, Arya yang didampingi Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana, perwakilan Regional Head 2 Nurkholis Lukman serta Nunu Husnul Khitam, General Manager Pelabuhan Regional 2 Teluk Bayur berdialog langsung dengan masyarakat dan pelaku UMKM.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Terbitkan 10 Juta NIB Lewat OSS

Ketua panitia penyelenggara pasar murah dan bazar UMKm Nurkholis Lukman mengatakan pihaknya menyediakan 4.000 paket sembako murah berupa beras 5 kg, gula 1 kg, dan 1 liter minyak goreng setara dengan Rp 99.000 untuk dijual kepada masyarakat dengan harga yang telah disubsidi melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Masyarakat dapat membeli dengan sistem penukaran kupon seharga Rp 65.000. Alhamdulillah semuanya sudah habis terjual,” kata Nurkholis.

Seorang warga, Jamariah mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. "Kami sangat terbantu sebab harganya jauh lebih murah dari harga pasar," kata Jamariah.

Jamariah berharap kegiatan tersebut dapat berlangsung terus menerus sehingga dapat membantu masyarakat.

Baca juga: Bahlil: 430.000 NIB Sudah Dikeluarkan Sejak 9 Agustus, Jabar Paling Banyak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.