Ulang Tahun Ke-51, Asabri Bangun Aplikasi Autentikasi Digital

Kompas.com - 01/08/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASABRI (Persero) dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-51, terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pesertanya. ASABRI sendiri lahir pada tanggal 1 Agustus 1971.

Sekretaris Perusahaan PT ASABRI (Persero) Edison Sianipar mengatakan, perusahaannya sedang membangun aplikasi Autentikasi Digital. Autentikasi adalah sistem yang dilakukan oleh ASABRI untuk mendata penerima pensiun yang masih berhak mendapatkan jaminan pensiun.

Untuk proses autentikasi, Edinson bilang, saat ini masih dilakukan secara manual melalui mitra bayar. Ke depan autentikasi akan dilakukan oleh penerima pensiun secara digital melalui smartphone masing-masing.

"Sehingga penerima pensiun ASABRI tidak perlu lagi hadir secara fisik untuk melakukan autentikasi di Mitra Bayar," kata dia dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Asabri Serahkan Santunan untuk Allan Syafitra, Pilot T-50i Golden Eagle yang Jatuh di Blora

Ia menambahkan, untuk melayani pesertanya saat ini, ASABRI juga telah melakukan berbagai inovasi antara lain Aplikasi ASABRI Mobile dan ASABRI Link yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, ASABRI juga melakukan kerja sama dengan 13 Mitra Bayar yakni PT POS Indonesia, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank BSI, Bank Mandiri Taspen, Bank Woori Saudara, Bank Jabar, Bank Jateng, Bank Jatim, Bank BTPN, Bank Bumi Artha, dan Bank Bukopin.

"Saat ini ASABRI melayani peserta sebanyak 1.390.450 dengan rincian peserta aktif sebanyak 934.123 orang dan peserta pensiun sebanyak 456.327 orang," tutur dia.

Baca juga: Ini Strategi OJK Cegah Kasus Jiwasraya dan Asabri Terulang

Ia menambahkan, dalam usianya yang ke-51, ASABRI telah menyelesaikan empat dari enam inisiatif strategis penyehatan perusahaan.

Inisiatif tersebut, di antaranya perbaikan tata kelola, optimalisasi klaster, penyesuaian bunga aktuaria, dan pengajuan unfunded past service liabilities (UPSL).

Edinson menjabarkan, pada tahun 2021 dan tahun 2020, laporan keuangan perusahaan disajikan tepat waktu dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)/Wajar Tanpa Modifikasian.

Peringatan HUT kali ini turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri BUMN RI Erick Thohir.

"51 tahun ASABRI diharapkan dapat memberikan pelayanan prima yang terbaik dan memberikan kesejahteraan bagi pesertanya," tutup dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.