Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar RUPSLB, Unilever Indonesia Tunjuk Sanjiv Mehta Jadi Presiden Komisaris

Kompas.com - 01/08/2022, 19:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Indonesia Tbk (Perseroan) (UNVR) menunjuk Sanjiv Metha sebagai presiden komisaris perseroan. Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pekan lalu.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Ira Noviarti mengatakan, ditunjuknya Sanjiv Metha jadi presiden komisaris Unilever Indonesia untuk menggantikan posisi Hemant Bakshi yang mengembang posisi baru di Unilever Global.

“Hari ini rapat telah secara resmi mengesahkan Sanjiv Mehta sebagai Presiden Komisaris Perseroan menggantikan Hemant Bakshi yang akan mengemban posisi baru di Unilever global,” kata Ira dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Penjualan Domestik Meningkat, Unilever Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 3,4 Triliun di Semester I-2022

Ira mengatakan, Sanjiv Mehta memiliki rekam jejak yang kuat di berbagai posisi kepemimpinan, termasuk sebagai Chief Executive Officer and Managing Director, Hindustan Unilever (HUL) dan President South Asia Unilever.

Ira menyampaikan, dengan berbekal pengalaman, prestasi, dan ide visioner yang dimilikinya, serta pemahaman bisnis yang mendalam, pengangkatan Sanjiv diharapkan dapat membawa kontribusi yang signifikan dalam peran barunya bersama Dewan Komisioner untuk mengawasi perencanaan dan eksekusi strategi bagi pertumbuhan kinerja, kemajuan Unilever Indonesia dan memberikan nasihat dan masukan kepada Direksi.

“Dalam kesempatan ini, Perseroan juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas dedikasi Hemant Bakshi kepada Unilever Indonesia. Selama kepemimpinan Hemant Bakshi sebagai Presiden Komisaris, beliau telah membimbing dan memberikan begitu banyak kontribusi berharga bagi perencanaan dan eksekusi strategi bisnis Perseroan,” tambah Ira.

Baca juga: Unilever Indonesia Kantongi Laba Bersih Rp 2 Triliun di Kuartal I-2022

Sanjiv Mehta pertama kali bergabung di Unilever sekitar 30 tahun yang lalu, beliau memiliki rekam jejak yang sangat kuat di berbagai posisi kepemimpinan. Sederet prestasi telah di catatkan dan juga berbagai penghargaan bergengsi di India.

Sanjiv Mehta, sempat mendapatkan penghargaan, ‘Company of the Year' dan 'Corporate Citizen of the Year' dari Economic Times. Dia juga pernah memimpin Unilever North Africa and Middle East dan Unilever Philippines Inc.

Sebagai informasi, pada kuartal II tahun 2022 UNVR mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 21,4 triliun dengan penjualan domestik bertumbuh sebesar 7,8 persen. Selain itu, Perseroan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar Rp 3,4 triliun.

Kinerja positif Perseroan ini didorong oleh beberapa hal, diantaranya fundamental yang solid melalui penguatan pondasi di Distributive Trade; penguatan di channel masa depan (e-Commerce), dan di kategori dan brand-brand kunci yang didukung dengan investasi yang kuat.

“Kami terus memastikan Unilever Indonesia dioperasikan oleh talenta yang mumpuni dan pimpinan terbaik untuk membangun organisasi yang future-fit (mampu terus bersaing di masa depan) dan agile (tangkas). Dengan demikian kami dapat terus maju bersama Indonesia melalui akselerasi pertumbuhan bisnis yang konsisten, kompetitif, menguntungkan, dan bertanggung jawab,” tegas Ira.

Baca juga: Pemerintah Sebut Unilever Bakal Investasi 135 Juta Euro Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com