Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Work Life Balance, Perusahaan Ini Berikan Cuti bagi Karyawan yang Berulang Tahun

Kompas.com - 02/08/2022, 06:05 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berulang tahun, kebanyakan orang pasti ingin menghabiskan harinya dengan keluarga, sahabat, dan orang tersayang. Banyak sekali hal yang ingin dilakukan di hari spesial tahunan ini, lantas bagaimana jika hari ulang tahunmu jatuh di hari kerja, tentunya segala rencana harus tertunda hingga jam pulang kerja.

Belum banyak perusahaan yang melihat ini sebagai hal penting. Algoritma Data Science School yang merupakan perusahaan data science memberikan birthday leave atau cuti ulang tahun untuk semua karyawannya yang berulang tahun.

Program cuti ulang tahun ini akan berlaku mulai tanggal 1 Agustus 2022, siapa pun yang berulang tahun boleh mengambil cuti 1 hari di hari ulang tahunnya dan menghabiskan hari spesial bersama keluarga, sahabat, dan orang tersayang dengan tenang, tanpa terganggu dengan urusan pekerjaan.

Baca juga: Simak 5 Perbedaan PPPK dan PNS, Hak Cuti hingga Gaji

Perasaan diperhatikan dan dihargai oleh perusahaan sebagai personal adalah hal yang selalu ingin ditumbuhkan perusahaan kepada semua karyawannya. Cuti ulang tahun adalah satu dari beberapa hal yang diberikan Algoritma dalam mengapresiasi kinerja karyawan.

Birthday leave ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kami dengan apa yang telah mereka berikan kepada perusahaan. Memberikan karyawan waktu untuk merayakan hari penting bersama keluarga seperti ini sangat penting untuk menunjang kehidupan kerja yang seimbang (work-life balance) bagi karyawan," ujar Nayoko Wicaksono, Direktur Algoritma Data Science School, dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Sebelumnya, setiap kali ada karyawan yang berulang tahun ada beberapa hal yang rutin dilakukan, seperti mengucapkan selamat ulang tahun di grup, memberikan kue ulang tahun, dan foto bersama.

Baca juga: Kadin: Dunia Usaha Pasti Terdampak Kebijakan Cuti Melahirkan 6 Bulan

Saat kasus pandemi Covid-19 sedang tinggi-tingginya dan diwajibkan untuk WFH (work from home), perusahaan akan mengirimkan kue ke rumah karyawan. 

"Interaksi-interaksi positif yang tercipta di lingkungan kerja dalam momen ulang tahun seperti ini dapat mempengaruhi ikatan emosional karyawan pada perusahaan," tambah Nayoko.

Birthday leave adalah salah satu terobosan reward yang layak untuk diterapkan di banyak perusahaan di Indonesia dalam mendukung work-life balance.

The Corporate Executive Board merilis hasil surveinya terhadap 50.000 karyawan di berbagai perusahaan di dunia. Hasilnya, karyawan yang merasakan work-life balance akan bekerja 21 persen lebih keras dibanding mereka yang merasakan kejenuhan tanpa kesempatan cuti.

Baca juga: Pro Kontra Cuti Melahirkan 6 Bulan yang akan Disahkan Jadi RUU Inisiatif DPR: Didukung Buruh, Dipusingkan Pengusaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com