Daftar 4 Bank dengan Aset Terbesar di Indonesia, Siapa Juaranya?

Kompas.com - 02/08/2022, 10:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bank nasional telah melaporkan kinerja Semester I 2022. Tercatat mayoritas bank-bank terbesar RI mengalami pertumbuhan aset pada paruh pertama tahun ini.

Adapun empat bank terbesar di Indonesia jika dilihat berdasarkan asetnya masih diduduki oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Baca juga: Manajemen Anti Fraud Makin Dibutuhkan di Tengah Digitalisasi Perbankan

Berlanjutnya tren pertumbuhan kredit hingga Semester I-2022 menjadi salah satu pengerek utama pertumbuhan aset bank-bank besar tersebut.

Dari keempat bank dengan aset terbesar tersebut, aset bank mana yang paling besar? Simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga: Apakah Bank Bisa Gadaikan Lagi Sertifikat Tanah Nasabah yang Jadi Jaminan Utang?

1. Bank Mandiri

Bank dengan kode emiten BMRI ini masih menyandang predikat bank dengan aset terbesar di Tanah Air. Tercatat pertumbuhan aset sebesar 12,98 persen secara tahunan (year on year/yoy), menjadi Rp 1.785,71 triliun hingga Semester I 2022.

Pertumbuhan ini selaras dengan penyaluran kredit yang naik 12,2 persen secara yoy di periode yang sama menjadi 1.138 triliun. Dalam paparan kinerjanya Bank Mandiri menyatakan, pertumbuhan terjadi di berbagai segmen kredit.

Hal ini juga diikuti dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) Bank Mandiri yang tumbuh 12,76 persen secara yoy menjadi Rp 1.318,42 triliun. Pertumbuhan DPK didukung dengan rasio dana murah atau CASA sebesar 75 persen secara bank only.

Baca juga: Perluas Layanan Digital, Bank Mandiri Luncurkan 241 Smart Branch by Mandiri

2. BRI

Peringkat kedua bank dengan aset terbesar juga masih ditempati oleh bank pelat merah, yakni BRI. Bank yang fokus menyasar segmen UMKM ini mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 6,37 persen secara yoy menjadi Rp 1.652,84 triliun.

Selain dari pembentukan holding ultramikro, pertumbuhan aset BRI juga ditopang oleh penyaluran kredit yang tumbuh 8,75 persen secara yoy menjadi Rp 1.104,79 triliun.

BRI juga semakin memantapkan diri sebagai bank UMKM, dengan portofolio kredit ke segmen tersebut yang terus tumbuh dan saat ini mencapai 83,27 persen total portofolio kredit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.