Cara Daftar MyPertamina agar Bisa Beli BBM Bersubsidi Pertalite dan Solar

Kompas.com - 02/08/2022, 11:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) akan mengatur pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Pertalite dan Solar agar tepat sasaran. Saat ini, Pertamina tengah membuka pendaftaran kendaraan yang berhak membeli BBM subsidi tersebut.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, berdasarkan data pada hari Minggu (31/7/2022) sudah ada 400.000 kendaraan yang terdaftar melalui booth di SPBU, di web subsiditepat.mypertamina.id dan aplikasi MyPertamina sejak uji coba diberlakukan pada 1 Juli 2022.

Namun, untuk implementasi QR Code belum dilakukan pada 1 Agustus 2022, dan masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Baca juga: Pembelian Pertalite dan Solar dengan QR Code MyPertamina Berlaku 1 Agustus? Ini Kata Pertamina

“Belum (implementasi QR Code), kita tunggu revisi perpresnya,” ujar Irto kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Hingga saat ini, cakupan wilayah uji coba untuk pendaftaran kendaraan roda empat yang berhak membeli BBM subsidi saat ini di 50 kota/kabupaten di 27 provinsi. Pendaftaran kendaraan ini, merupakan bagian dari rencana pemerintah dalam penyaluran BBM subsidi agar tepat sasaran.

Adapun cara daftar kendaraan roda empat Anda melalui MyPertamina untuk memudahkan pembelian BBM bersubsidi Pertalite dan Solar sebagai berikut:

1. Buka laman https://subsiditepat.mypertamina.id/

2. Siapkan dokumen yang meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan, dan dokumen pendukung lain.

3. Centang informasi yang menerangkan bahwa Anda memahami persyaratan.

4. Klik daftar sekarang dan ikuti instruksi. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pencocokan data dengan maksimal 7 hari kerja.

Baca juga: Daftar Harga Pertalite, Pertamax, hingga Pertamina Dex Agustus 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.