Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi-lagi, Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Ditutup Melemah

Kompas.com - 02/08/2022, 19:23 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot kembali ditutup terkoreksi tipis pada sesi perdagangan Selasa (2/8/2022) hari ini. Terpantau pada sesi perdagangan hari ini nilai tukar rupiah bergerak fluktuatif.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup melemah 16 poin atau 0,11 persen ke level Rp 14.889 per dollar AS.

Sementara itu, mengacu kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada pada level Rp 14.888 per dollar AS pada Selasa hari ini, melemah dibanding posisi Senin (1/8/2022) sebesar Rp 14.874 per dollar AS.

Baca juga: Naik Lagi, Utang Pemerintah Tembus Rp 7.123 Triliun

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pergerakan nilai tukar rupiah masih tidak terlepas dari sentimen suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed). Kebijakan suku bunga The Fed yang diproyeksi menurun agresivitasnya menjadi sorotan pasar.

"Investor mempertimbangkan kemungkinan bahwa Federal Reserve, tidak akan menaikkan suku bunga seagresif yang diperkirakan," kata Ibrahim, dalam risetnya.

Sementara itu, dari dalam negeri data indeks harga konsumen (IHK) periode Juli yang meningkat sebesar 0,64 persen secara bulan (mom) atau 4,94 persen secara tahunan (yoy) menjadi perhatian tersendiri bagi para investor.

Baca juga: Inflasi Terjaga, BI Dinilai Tak Perlu Buru-buru Naikkan Suku Bunga

Pasalnya, realisasi inflasi secara tahunan yang tertinggi sejak Oktober 2015 itu akan menjadi pertimbangan utama Bank Indonesia (BI) dalam menentukan arah kebijakan suku bunga acuan.

"Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 14.870-Rp15.000 (per dollar AS)," ucap Ibrahim.

Baca juga: Mampu Bangkit, IHSG Ditutup Menguat 0,28 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com