Harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite Kembali Naik

Kompas.com - 03/08/2022, 08:33 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite kembali naik. Berdasarkan laman resmi Mypertamina.id, penyesuaian ini dilakukan pada Rabu (3/8/2022) pukul 00.01 WIB.

Sebelumnya, Pertamina sudah melakukan penyesuaian BBM non subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite pada 10 Juli 2022. Artinya belum genap sebulan, harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite kembali naik.

Adapun kenaikan ini berlaku di wilayah DKI Jakarta atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5 persen.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan penyesuaian ini mengikuti kenaikan harga patokan minyak mentah Indonesia atau ICP. Tercatat, harga rata-rata ICP per 2022, di angka 106,73 dollar AS per barrel. Posisi tersebut masih lebih tinggi sekitar 24 persen dari harga ICP pada Januari 2022 lalu.

Baca juga: Gratis, Ini Syarat dan Prosedur Mengurus Program Jaminan Persalinan

Menurut Irto, dengan harga ICP yang fluktuatif dan masih cukup tinggi ini, maka penyesuaian harga BBM non subsidi perlu dilakukan.

“Penyesuaian harga secara berkala ini kembali dilakukan, dimana harga BBM Non subsidi harganya fluktuatif mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia atau ICP,” kata Irto kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Walau demikian, Irto memastikan 95 persen dari porsi BBM nasional mencakup Pertamax, Pertalite, dan Solar tidak mengalami perubahan harga. Sementara itu, penyesuaian harga Pertamax Turbo dan Dex Series dinilai masih kompetitif.

Baca juga: Menanti Pertemuan OPEC+, Harga Minyak Mentah Bervariasi


“95 persen dari porsi BBM nasional yakni Pertamax, Pertalite, dan Solar tidak berubah harganya, hanya BBM segmen tertentu saja yakni Pertamax Turbo dan Dex Series yang berubah itupun masih paling kompetitif di kelasnya,” ujar Irto.

“Harga ini berlaku mulai 3 Agustus 2022. Ada tiga jenis BBM yang sudah disesuaikan dengan harga keekonomian, sehingga ke depan akan fluktuatif menyesuaikan harga minyak dunia,” sambung Irto.

Daftar harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite

  • Pertamax Turbo (RON 98) naik dari Rp 16.200 jadi Rp 17.900 per liter
  • Pertamina Dex (CN 53) naik dari Rp 16.500 jadi Rp 18.900 per liter
  • Dexlite (CN 51) naik dari Rp 15.000 jadi 17.800 per liter

Baca juga: Termasuk BBM Nonsubsidi, Harga Pertamax Bakal Ikut Naik?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.