Beli Pertalite Wajib Pakai MyPertamina Mulai September 2022? Ini Penjelasan Pertamina

Kompas.com - 03/08/2022, 10:15 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengatakan, revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM diharapkan selesai pada Agustus 2022.

“Kita harapkan begitu (revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014 rampung pada Agustus 2022),” kata Saleh kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Dengan demikian, maka aturan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seperti Pertalite dan Solar akan mulai dibatasi hanya untuk kendaraan yang sesuai kriteria saja.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina agar Bisa Beli BBM Bersubsidi Pertalite dan Solar

 

Saleh mengatakan, jika revisi perpres ini bisa rampung pada Agustus 2022, maka aturan pembatasan pembelian Pertalite dapat dijakankan sebulan setelahnya atau pada September 2022.

“Kami masih menunggu perpres-nya terbit, kalau sudah terbit, kita akan intensifkan sosialisasi dan registrasi Mypertamina sebelum diimplentasikan. Saya kira bulan depannya (September),” ujarnya.

Dibuhungi secara terpisah, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting juga berharap agar revisi perpres tersebut bisa rampung pada Agustus 2022. Sehingga implementasi beli Pertalite pakai Mypertamina bisa mulai diberlakukan.

Seperti diketahui, Pertamina mulai melakukan sosialisasi untuk pendaftaran kendaraan yang berhak mendapatkan BBM subsidi, dengan mendaftarakan kendaraanya di MyPertamina. Bagi kendaraan yang telah mendaftar akan mendapatkan QR Code untuk bisa membeli BBM subsidi.

Baca juga: Pertamina: Sudah 400.000 Kendaraan Roda Empat Terdaftar di MyPertamina

“Semoga ya. Kita berharap bisa secepatnya diimplementasikan QR Code-nya,” ujar Irto, saat ditanya apakah implementasi pembatasan pembelian Pertalite berlaku pada September 2022, Selasa (2/8/2022).

Irto juga mengatakan, sementara ini aturan untuk pembatasan pembelian Pertalite dan Solar akan diberlakukan untuk kendaraan roda empat atau mobil. Selanjutnya, masih menunggu revisi perpres 191 tahun 2014 terbit.

“Sementara masih mobil. Nunggu perpres ya,” tegas Irto.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina Online dan Manual Supaya Bisa Beli Pertalite dan Solar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.