Kejar 500 Pengeboran, Pertamina Hulu Rokan Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Kompas.com - 03/08/2022, 10:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan rekrutmen Pekerja Waktu Tertentu (PWT) sebanyak 53 orang tenaga kerja lokal asal Riau. Hal ini dilakukan untuk mengejar target pengeboran 400-500 sumur pengembangan pada tahun ini.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin mengatakan Rekrutmen PWT bagi tenaga kerja lokal asal Riau merupakan wujud komitmen PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terhadap peningkatan kualitas SDM lokal.

"PHR membutuhkan dukungan talenta terbaik dan profesional dari putra-putri terbaik Riau dalam pengembangan WK Rokan untuk mendukung rencana kerja masif, agresif, efisien dengan target pengeboran 400-500 sumur pengembangan pada tahun ini," ujar Jaffee dalam siaran pers Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Sempat Dibuka Melemah, IHSG Kembali Menguat ke Level 7.000

Jaffee mengatakan, 53 PWT yang terpilih akan mengisi posisi di tim Pengeboran (Drilling) dan tim Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan (Health, Safety and Environment). Untuk mendukung kesiapan PWT yang baru bergabung, PHR menyiapkan program orientasi yang komprehensif selama 60 hari ke depan.

“Para pekerja yang terpilih akan langsung ditugaskan ke lapangan bersama pekerja lainnya yang ada di WK Rokan. Karena itu, sangatlah penting bagi para pelamar untuk memiliki pengalaman kerja yang cukup agar dapat bekerja secara selamat dan berkontribusi secara optimal," ujarnya.

Selain melakukan rekrutmen terhadap pekerja lokal, PHR juga menjalankan beberapa kegiatan lainnya dalam rangka peningkatan SDM lokal diantaranya Program Magang Kerja bagi lulusan perguruan tinggi.

Kemudian, ada juga Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB), Kerja Praktik (KP), maupun Penulisan Tugas Akhir (TA) dan menjalin kemitraan dengan delapan perguruan tinggi terkemuka di Riau untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 39 Sudah Ditutup, Kapan Pengumumannya?

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus menyampaikan apresiasi kepada PHR yang telah memperhatikan potensi dan kearifan lokal melaui penerimaan 53 PWT di PHR Wilayah Kerja Rokan. SKK Migas juga mendukung Program Magang Kerja di PHR Wilayah Kerja Rokan bagi lulusan perguruan tinggi yang belum bekerja.

“Pelaksanaan rekrutmen pekerja yang bertujuan dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM lokal ini berjalan dengan baik sebagaimana tujuannya. Sementara itu, kesempatan magang juga menjadi ajang meningkatkan kualitas diri dan daya saing pada generasi muda yang merupakan agen pembangunan bagi bangsa ini," ujar Rikky.

Rikky mengatakan SKK Migas bersama KKKS Wilayah Sumbagut juga berkontribusi terhadap Program Pengembangan Masyarakat (PPM) bidang Pendidikan melalui hadirnya 4 Migas Center yang tersebar di 4 Provinsi Wilayah Sumbagut mencakup, Migas Center Unimal di Aceh, Migas Center UPB di Kepri, Migas Center Unand di Sumatra Barat dan yang terbesar yaitu Migas Center UIR di Riau.

SKK Migas Perwakilan Sumbagut juga terlibat dalam hibah penelitian 25 mahasiswa dari 7 universitas ternama di Indonesia yang telah menghasilkan output berupa Buku yang berjudul ‘Dinamika Masyarakat di Sekitar Industri Hulu Migas’.

Baca juga: Pertamax Turbo dkk Naik, Cek Harga BBM Pertamina di 34 Provinsi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.