Kedatangan Ketua DPR AS di Taiwan Buat Rupiah Pagi Hari Tertekan

Kompas.com - 03/08/2022, 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada Rabu (3/8/2022) dibuka melemah, setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi menginjakan kakinya di Taiwan.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.897 per dollar AS, melemah dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.889 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah bergerak di zona merah, di mana sampai dengan pukul 09.50 nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.914,5 dollar AS, turun 0,17 persen.

Baca juga: Sempat Dibuka Melemah, IHSG Kembali Menguat ke Level 7.000

Kunjungan Pelosi ke Taiwan meningkatkan ketegangan antara China dan AS. Sebab, pemerintah China menyebut kunjungan Pelosi ke Taiwan sebagai campur tangan yang kasar dalam urusan negara.

Tidak lama setelah Pelosi mendarat, Kementerian Pertahanan China mengumumkan kesiagaan penuh. Mereka menyatakan akan melancarkan operasi militer dengan sasaran tertentu.

"Kunjungan ketua DPR AS ke China memunculkan ekspektasi konfrontasi baru AS dan China yang bisa mengganggu perekonomian global," ujar Analis pasar uang, Ariston Tjendra, kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 6.000 Per Gram, Cek Rinciannya

"Ekspektasi negatif ini mendorong sebagian pelaku pasar masuk ke ase dollar AS sebagai aset aman," tambah dia.

Selain itu, rupiah juga mengalami tekanan dari pernyataan pejabat bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed). Dalam kesempatan berbeda, The Fed lagi-lagi mengindikasikan, intensitas tinggi kebijakan suku bunga untuk menekan laju inflasi di Negeri Paman Sam.

"Potensi rupiah tekanan ke arah Rp 14.920, dengan support di kisaran Rp 14.880," ucap Ariston.

Baca juga: Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.