KKP Perkuat Jangkauan Pasar Ikan Hias Air Tawar

Kompas.com - 03/08/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng kalikan.id untuk memperkuat jangkauan pasar ikan hias air tawar yang dihasilkan para pembudidaya maupun pelaku usaha di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan peran teknologi digital sehingga bisa bersaing di pasar global.

Ditjen Pengelolaan Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) telah resmi menjalin kerja sama dengan PT Jelajah Inovasi Teknologi sebagai pengelola platform kalikan.id.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 39 Sudah Ditutup, Kapan Pengumumannya?

Penandatangan kerja sama yang dilakukan oleh Dirjen PDSPKP Artati Widiarti, berlangsung di kantor KKP, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

"Melalui kerja sama ini, dua belah pihak bersama-sama membangun ekosistem ikan hias air tawar di Indonesia melalui beberapa aksi," kata dia dalam keterangan resmi Selasa (2/8/2022).

Ia menambahkan, ruang lingkup kerja sama yang bertujuan memperkuat akses pasar ikan hias air tawar Indonesia itu meliputi, bersama-sama melakukan pemasaran ikan hias air tawar berbasis online dengan memanfaatkan platform pemasaran daring atau e-commerce kalikan.id.

Kemudian melakukan penguatan strategi promosi ikan hias air tawar, serta melakukan peningkatan kapasitas pelaku usaha ikan hias air tawar di Indonesia.

Artati menjabarkan peran KKP dalam kerja sama tersebut yakni mendukung dan mendorong pelaku usaha ikan hias air tawar untuk memanfaatkan platform pemasaran daring atau e-commerce kalikan.id. Sedangkan, perusahaan berperan memfasilitasi pelaku usaha ikan hias air tawar dalam memanfaatkan platform tersebut.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Disuntik APBN Rp 4,1 Triliun, Ini Penjelasan KAI

Selanjutnya dua belah pihak bersama-sama melakukan pendampingan dan bimbingan teknis kepada pelaku usaha ikan hias air tawar, serta bersama-sama memfasilitasi kegiatan promosi ikan hias air tawar.

"Jadi dalam kerja sama ini, selain menyiapkan marketplace sebagai tempat promosi dan pemasaran, kami juga akan menggelar bazar dan kontes ikan hias air tawar dengan skala besar yang direncanakan pelaksanaannya Oktober nanti di Jakarta. Di samping itu, ada juga pelatihan-pelatihan kepada pelaku usaha supaya kemampuan mereka di bidang marketing misalnya, bisa meningkat," papar Artati.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.