Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Kunci untuk Membangkitkan Ekonomi Indonesia Versi Sandiaga Uno

Kompas.com - 03/08/2022, 12:45 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membeberkan tiga strategi dan solusi untuk membangkitkan ekonomi Indonesia.

Ia mengatakan, tiga kata ajaib yang jadi solusi untuk membangkitkan ekonomi Indonesia adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Selalu saya tekankan '3 si' kunci rahasia untuk memulihkan ekonomi Indonesia, hingga mampu buka lapangan kerja dan ciptakan peluang usaha," tulis dia dalam akun Instagram @sandiuno, dikutip Kompas.com Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Platform Digital Diblokir Kominfo, Sandiaga: Kami Harap Semua Mematuhi Proses Registrasi

"Kata-kata ajaib ini tentunya juga berlaku bagi berbagai sektor dan bidang lain jika memiliki pola pikir berwawasan ke depan yang bertujuan untuk meraih pertumbuhan yang berkualitas," imbuh dia.

Sandiaga Uno menambahkan, tiga solusi untuk membangkitkan ekonomi Indonesia tersebut perlu dikenali satu per satu dengan baik. Misalnya kata inovasi, berarti tentang cara melahirkan produk, jasa, atau ide kreatif baru yang dinamis.

Belajar akan menjadi faktor penting untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan.

Sedangkan, adaptasi diri berarti sanggup mengikuti pertumbuhan zaman. Sandiaga menyebut, pengetahuan yang diperoleh hari ini memiliki tanggal kedaluarsa yang lebih singkat dibandingkan sebelumnya.

Untuk itu, penting untuk tumbuh dan belajar sehingga masyarakat dapat beradaptasi.

Baca juga: Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Mogok Beroperasi, Sandiaga: Kita Duduk Bersama Cari Solusi

"Salah satunya seperti pembayaran digital saat bertransaksi di berbagai tempat wisata," imbuh dia.

Sedangkan, kolaborasi berarti menyempurnakan dua hal sebelumnya. Sandiaga bilang, segala urusan terutama berusaha dan bekerja akan lebih mudah dilakukan bersama.

"Meskipun menjadi kompetitif memiliki sisi positif, tetapi saat ini memperluas kolaborasi merupakan pilihan yang lebih sesuai untuk memimpin kemajuan dalam jangka panjang," urai dia.

"Seperti pepatah bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Dengan bergandeng tangan, maka kebangkitan ekonomi akan ada dalam genggaman," tutur dia.

Terakhir, Sandiaga Uno optimistis sebanyak 1,1 juta lapangan kerja dapat tercipta tahun ini. Sedangkan sampai tahun 2024, harapannya akan tercipta 4,4 juta lapangan kerja. Dengan begitu, peluang usaha diharapkan dapat terbuka seluas-luasnya.

Baca juga: Sandiaga Uno: RI Akan Jadi Pasar Kosmetik Terbesar Ke-5 di Dunia dalam 5 Tahun Mendatang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com