Rayakan HUT RI, 388 Mal Gelar ISF 2022, Pesta Diskon hingga 77 Persen

Kompas.com - 03/08/2022, 17:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) akan menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 pada 11 Agustus hingga 21 Agustus 2022 dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI atau HUT RI ke-77.

Dalam gelaran itu APPBI memberikan pesta diskon hingga 77 persen yang diadakan serempak di 388 pusat perbelanjaan milik APPBI yang tersebar di Indonesia.

Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Widjaja berharap kegiatan bisa turut mempercepat pemulihan perekonomian nasional khususnya pada bidang retail. 

"Pelaksanaan ini mempercepat pemulihan perekonomian. Apalagi 2 tahun belakangan, pusat belanja apalagi ritel umum dalam kondisi berat. Beberapa kali pusat belanja ditutup dan beroperasi terbatas. Kami mengadakan ini paling tidak mengurangi dampak pandemi dan ketidakpastian," ujar Alphonzus Wijaja dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Masuk Mal, APPBI Dukung Asalkan Pandemi Cepat Berlalu

Alphonzus menilai gelaran ini juga bisa menjadi pengobat rindu bagi masyarakat yang ingin kembali ke mal.

"Saya kira masyarakat sudah kangen dengan mal sudah rindu setelah 2 tahun tidak ke mal jadi sudah rindu sudah kangen, kita mengadakan Indonesia Shopping Festival ini selain tujuan utamanya menyemarakan kemerdekaan Indonesia ke-77 tentunya juga akan memberi kesempatan ke masyarkaat untuk datang ke mal," ungkap Alphonzus.

Hal senada juga diamini Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat. Ellen mengatakan, wilayah Jakarta salah satu wilayah yang paling terpukul pandemi dibandingkan wilayah daerah lainnya.

Baca juga: APPBI Proyeksikan Jumlah Kunjungan Masyarakat ke Mal Meningkat 30 Persen Selama Lebaran 2022

Dia menyebutkan, selama pandemi okupansi mal di Jakarta turun 10-15 persen.

Oleh sebab itu dia berharap, gelaran ISF ini bisa menjadi penyumbang dalam perbaikan industri pusat belanja di Jakarta.

"Saya menyambut baik adanya ISF ini, sebab saat ini sangat dibutuhkan bagaimana kita harus menunjukkan kepada masyarakat agar ada keberanian masuk ke pusat belanja. Acara ini sangat tepat adanya dan masyarakat juga bisa mendapatkan harga yang miring karena ada diskon," ujar Ellen.

Baca juga: Mal Sepi, APPBI: Bukan Pandemi Faktor Utamanya

Ellen juga mengaku bahwa dirinya telah meminta ke para anggota APPBI di Jakarta untuk mengadakan bazar-bazar UMKM dalam gelaran tersebut dan berbagai kegiatan-kegiatan bernuansa kemerdekaan.

"Nanti mal di Jakarta yang jadi anggota APPBI mengadakan bazar UMKM, ada lomba juga seperti makan kerupuk ada di mal," kata Ellen.

"Lalu ada Jakpreneur goes to mal, lalu ada lomba marching band. Ada lagu perjuangan untuk mengingatkan masyarakat akan pahlawan-pahlawan dulu. Akan ada banyak paduan suara, lomba menggambar, itu ada nuansa kemerdekaan dan fesyen show," sambung Ellen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.