Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiang Listrik Roboh di Lembang, PLN: Keropos akibat Cuaca Ekstrim

Kompas.com - 03/08/2022, 19:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengkonfirmasi adanya tiang listrik yang roboh di Pasar Panorama Lembang, Bandung pada Selasa (2/8/2022) pukul 16.00 WIB.

Robohnya tiang listrik ini sempat viral di media sosial lantaran terjadi di tengah-tengah-tengah pasar dan ada satu korban luka ringan pada peristiwa ini.

Salah satu akun media sosial yang mengunggah peristiwa ini ialah akun Instagram bandung.banget.

Dalam video yang diunggah menampilkan sebuah tiang listrik yang roboh di tengah jalan pasar. Namun tiang listrik ini terlihat tidak bertegangan listrik karena ada satu orang yang dengan santai melompati untaian kabel listrik di jalan.

Baca juga: PLN Dorong Investasi SPKLU di Jalur Utama dan Tempat Wisata Favorit

Sebuah sepeda motor tertimpa tiang listrik tersebut. Dalam keterangan yang diberikan pemilik akun, tiang listrik ini tiba-tiba ambruk dan melukai seorang pengendara sepeda motor dan merusak lapak pedagang.

"Beruntung korban hanya mengalami luka ringan dan langsung dilakukan penanganan medis. Arus lalu lintas sendiri sekitar lokasi kejadian sempat direkayasa dan terjadi kepadatan," tulis pemilik akun Instagram bandung.banget, Rabu (3/8/2022).

Tiang listrik roboh karena keropos

Humas PLN UP3 Cimahi Ridho Agung Nugraha mengatakan, tiang listrik tersebut roboh karena mengalami pengeroposan akibat cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini.

Namun, dia memastikan tiang yang roboh ini sudah tidak dialiri tegangan listrik karena merupakan merupakan jaringan listrik yang sudah non aktif.

"Dalam beberapa hari terakhir terjadi pergantian cuaca yang cukup ekstrim di wilayah Lembang dan sekitarnya antara kondisi cuaca hujan, dingin, serta panas terik yang berkontribusi mempercepat proses korosi atau pengeroposan komponen tiang besi tersebut," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Dia menjelaskan,setelah menerima laporan terkait peristiwa tersebut, PLN langsung menerjunkan petugas teknik dan dibantu oleh aparat Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.

PLN juga langsung berupaya mengurai kemacetan serta mengevakuasi tiang listrik yang roboh di tempat kejadian berlangsung.

Kendati demikian, kata dia, kejadian ini tidak mengakibatkan pemadaman atau gangguan supply energi listrik di wilayah sekitar tempat kejadian.

"Untuk itu atas kejadian force majeur yang terjadi disekitar Pasar Panorama Lembang, PLN menyampaikan permohonan maaf," tutur Ridho.

Baca juga: Tahan Harga BBM, Pemerintah Lunasi Utang ke Pertamina dan PLN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com