Sempat Diblokir Kominfo, PayPal Kini Resmi Terdaftar PSE di Indonesia

Kompas.com - 03/08/2022, 20:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jasa transfer uang elektronik asal Amerika Serikat (AS), PayPal akhirnya bersuara terkait pemblokiran akses oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Juru Bicara Paypal, Lance John mengatakan, PayPal kini telah resmi terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia melalui Kominfo.

"PayPal berkomitmen penuh untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di mana pun kami beroperasi. Saat ini kami telah terdaftar sebagai PSE di Indonesia, setelah berkorespondensi langsung dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia," katanya melalui siaran pers, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Resmi, Kominfo Buka Blokir Akses PayPal, Dota, Counter Strike, Steam, dan Yahoo

Kini, PayPal kata Lance, sudah bisa diakses oleh para pengguna. Paypal telah dibuka atau dinormalisasi aksesnya oleh Kominfo sejak 31 Juli 2022. Awalnya Kominfo memberikan waktu 5 hari kerja kepada masyarakat untuk bertransaksi memindahkan saldo dananya ke dompet digital lainnya.

"Pengguna PayPal dapat mengirim, menerima, dan mengakses uang mereka seperti biasa. Kami mohon maaf atas gangguan yang mungkin dialami para pengguna kami akhir pekan lalu," ungkap dia.

Baca juga: Kominfo: PayPal Berkomitmen Lakukan Pendaftaran PSE dalam Waktu Dekat

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, PayPal menjadi salah satu dari tujuh PSE Lingkup Privat di Indonesia yang diblokir Kominfo pada 30 Juli 2022. Diketahui, platform pembayaran atau transaksi online ini belum melakukan pendaftaran di situs Kemenkominfo.

Selain PayPal, Kominfo juga memblokir enam platform lainnya gara-gara tak kunjung mendaftar, yaitu Yahoo Epic Games (platform distribusi game) Steam (platform distribusi game) Dota (game) Counter Strike (game) Origin (EA).

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dari enam nama tersebut, baru Steam, Dota, dan Counter Strike yang sedang dalam pendaftaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.