Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Dukung Mahasiswa Berwirausaha untuk Cetak Lapangan Kerja Baru

Kompas.com - 04/08/2022, 11:05 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara memberikan pelatihan kewirausahawan dan optimasi penjualan melalui digital marketing kepada Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu.

Tujuannya, memotivasi mahasiswa agar dapat membuka peluang usaha untuk berwirausaha.

Sandiaga Uno mengatakan, pelatihan ini mampu menciptakan ekonomi yang lebih kuat dengan terbukanya lapangan kerja baru. Hal ini mendorong mahasiswa untuk melek digital secara efektif dalam meningkatkan komunikasi modern.

Baca juga: Dulu Andalkan Pinjol untuk Modal, Seniman Ini Dapat Bantuan Mesin Laser Ukir dari Sandiaga Uno

"Kami memberikan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kepada mahasiswa dalam mengakses usaha-usaha dibidang kuliner maupun ekonomi kreatif," kata dia di Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu, dalam siaran pers dikutip Kamis (4/8/2022)

Ia menambahkan, pelatihan ini berkolaborasi dengan Small Enterprise Hub (SMEsHub) Indonesia untuk meningkatkan digitalisasi UMKM millenial. Selain itu, peserta terbaik akan dibimbing hingga diberikan bantuan modal usaha.

"Kemenparekraf berkolaborasi dengan SMEsHub untuk menggandeng seluruh pihak agar meningkatkan digitalisasi dari UMKM anak-anak muda dengan program pendampingan hingga akses pembiayaan," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Ini 3 Kunci untuk Membangkitkan Ekonomi Indonesia Versi Sandiaga Uno

Sementara itu Founder dan CEO SMEsHub Indonesia Lutpi Ginanjar mengakui Sandiaga peduli terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Sandiaga mengajak millenial untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

"Saya menilai Pak Sandi sosok yang sangat peduli terhadap kemajuan anak muda, UMKM, dan juga membuat pengusaha-pengusaha jadi tumbuh. Pak Sandi juga memiliki spirit luar biasa dalam menciptakan lapangan kerja tahun ini 1,1 juta maka tahun 2024 mendatang akan 4,4 juta," ujar Lutpi.

Pada pelatihan ini mahasiswa pelaku usaha dapat mengoptimalkan media sosial untuk pemasaran.

Mahasiswa didorong memiliki kemampuan menciptakan konten yang orisinil dan relevan. Selain itu, dibutuhkan pula interaksi media sosial yang aktif untuk merespons pembeli dengan lebih baik. 

Baca juga: Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Mogok Beroperasi, Sandiaga: Kita Duduk Bersama Cari Solusi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com