Tiang Listrik Roboh di Lembang, PLN Lakukan Antisipasi agar Tak Terulang Lagi

Kompas.com - 04/08/2022, 12:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berupaya mengantisipasi agar kejadian tiang listrik roboh di Lembang, Bandung tidak terjadi lagi.

Pada Selasa (2/8/2022) pukul 16.00 WIB, sebuah tiang listrik roboh di Pasar Panorama Lembang, Bandung menimpa pesepeda motor. Tiang listrik ini roboh karena sudah keropos akibat cuaca.

Humas PLN UP3 Cimahi Ridho Agung Nugraha mengatakan, pihaknya akan mengintensifkan pengecekan kondisi tiang listrik baik yang sudah aktif maupun sudah non aktif agar peristiwa tiang listrik roboh tidak akan terulang kembali.

Baca juga: Tiang Listrik Roboh di Lembang, PLN: Keropos akibat Cuaca Ekstrim

"Sebagai langkah antisipasi, PLN langsung menginventarisir kondisi tiang-tiang milik PLN baik di sekitar wilayah Lembang maupun wilayah lainnya untuk mencegah kejadian serupa terulang di waktu mendatang," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat umum ikut membantu PLN agar peristiwa tiang listrik roboh tidak terulang.

Sebab, meskipun peristiwa di Lembang tidak menyebabkan korban jiwa karena tiang listrik sudah non-aktif, robohnya tiang listrik dapat membahayakan warga sekitar terutama jika tiang listrik masih dialiri tengangan listrik.

Baca juga: PLN Dorong Investasi SPKLU di Jalur Utama dan Tempat Wisata Favorit

Dia mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan ke PLN jika menemukan tiang listrik yang miring, keropos, atau berpotensi mengakibatkan bahaya bagi warga sekitar dengan menghubungi contact center PLN 123 dan aplikasi PLN Mobile agar segera ditangani petugas terkait.

Kemudian, dia juga meminta masyarakat untuk meminimalisir dan menghindari aktivitas di sekitar jaringan listrik, baik berbentuk tiang, gardu, kabel dan instalasi lainnya.

"Dikarenakan faktor keselamatan dan untuk menjamin aktivitas yang dilakukan tidak mengganggu kesinambungan pasokan listrik," imbuhnya.

Sebagai informasi, tiang listrik roboh di Pasar Panorama Lembang, Bandung sempat viral di media sosial lantaran terjadi di tengah-tengah-tengah pasar dan ada satu korban luka ringan pada peristiwa ini.

Dalam video yang diunggah menampilkan sebuah tiang listrik roboh di tengah jalan pasar. Namun tiang listrik ini terlihat tidak bertegangan listrik karena ada satu orang yang dengan santai melompati untaian kabel listrik di jalan.

Baca juga: PLN Gandeng Perusahaan Korea Kembangkan Jaringan Kabel Bawah Laut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.