Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiang Listrik Roboh di Lembang, PLN Lakukan Antisipasi agar Tak Terulang Lagi

Kompas.com - 04/08/2022, 12:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berupaya mengantisipasi agar kejadian tiang listrik roboh di Lembang, Bandung tidak terjadi lagi.

Pada Selasa (2/8/2022) pukul 16.00 WIB, sebuah tiang listrik roboh di Pasar Panorama Lembang, Bandung menimpa pesepeda motor. Tiang listrik ini roboh karena sudah keropos akibat cuaca.

Humas PLN UP3 Cimahi Ridho Agung Nugraha mengatakan, pihaknya akan mengintensifkan pengecekan kondisi tiang listrik baik yang sudah aktif maupun sudah non aktif agar peristiwa tiang listrik roboh tidak akan terulang kembali.

Baca juga: Tiang Listrik Roboh di Lembang, PLN: Keropos akibat Cuaca Ekstrim

"Sebagai langkah antisipasi, PLN langsung menginventarisir kondisi tiang-tiang milik PLN baik di sekitar wilayah Lembang maupun wilayah lainnya untuk mencegah kejadian serupa terulang di waktu mendatang," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat umum ikut membantu PLN agar peristiwa tiang listrik roboh tidak terulang.

Sebab, meskipun peristiwa di Lembang tidak menyebabkan korban jiwa karena tiang listrik sudah non-aktif, robohnya tiang listrik dapat membahayakan warga sekitar terutama jika tiang listrik masih dialiri tengangan listrik.

Baca juga: PLN Dorong Investasi SPKLU di Jalur Utama dan Tempat Wisata Favorit

Dia mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan ke PLN jika menemukan tiang listrik yang miring, keropos, atau berpotensi mengakibatkan bahaya bagi warga sekitar dengan menghubungi contact center PLN 123 dan aplikasi PLN Mobile agar segera ditangani petugas terkait.

Kemudian, dia juga meminta masyarakat untuk meminimalisir dan menghindari aktivitas di sekitar jaringan listrik, baik berbentuk tiang, gardu, kabel dan instalasi lainnya.

"Dikarenakan faktor keselamatan dan untuk menjamin aktivitas yang dilakukan tidak mengganggu kesinambungan pasokan listrik," imbuhnya.

Sebagai informasi, tiang listrik roboh di Pasar Panorama Lembang, Bandung sempat viral di media sosial lantaran terjadi di tengah-tengah-tengah pasar dan ada satu korban luka ringan pada peristiwa ini.

Dalam video yang diunggah menampilkan sebuah tiang listrik roboh di tengah jalan pasar. Namun tiang listrik ini terlihat tidak bertegangan listrik karena ada satu orang yang dengan santai melompati untaian kabel listrik di jalan.

Baca juga: PLN Gandeng Perusahaan Korea Kembangkan Jaringan Kabel Bawah Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com