Setoran Dividen BUMN Capai Rp 35,5 Triliun, Naik 122 Persen Semester I-2022

Kompas.com - 04/08/2022, 12:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatatkan, pendapatan negara dari setoran dividen BUMN atau kekayaan negara yang dipisahkan (KND) mencapai Rp 35,5 triliun sepanjang Januari-Juni 2022. Realisasi itu melonjak 122,9 persen (yoy) dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatawarta mengatakan, realisasi pendapatan KND tersebut setara 95,7 persen dari target pada Perpres 98 Tahun 2022. Ini meningkat signifikan dibandingkan realisasi Januari-Juni 2021 yang hanya sebesar Rp 15,9 triliun atau terkontraksi 65,6 persen (yoy).

"Untuk pendapatan kekayaan negara yang dipisahkan, ini dividen dari BUMN sudah terkumpul Rp 35,5 triliun. Terima kasih Kementerian BUMN yang menyegerakan pembayaran dividen dividen kepada pemegang saham atau pemerintah," ujar Isa dalam media briefing DJA, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: 2023, MIND ID Targetkan Setoran Dividen Freeport Rp 14 Triliun

Pertumbuhan pendapatan KND itu utamanya berasal dari kenaikan setoran dividen BUMN perbankan. Selain itu sudah adanya setoran dividen dari PT Telkom Indonesia Tbk, berbeda dari pola tahun sebelumnya di mana perseroan menyetorkan dividen di semester II.

Direktur PNBP SDA dan KND Ditjen Anggaran Kemenkeu, Kurnia Chairi menambahkan, setoran dividen dari BUMN perbankan yang sudah diterima pihaknya hingga saat ini mencapai Rp 24,5 triliun.

Baca juga: Erick Thohir: BUMN Sampai PHK Karyawan, Itu Imbas Bisnis Proses yang Salah dan Tak Sehat

Rincian setoran dividen BUMN

Secara rinci setoran dividen yang terbesar dari perbankan yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI mencapai Rp 14 triliun. Lalu dari PT Bank Mandiri Tbk sebesar Rp 4,7 triliun dan PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI sebesar Rp 1,6 triliun.

Kemudian dari nonperbankan, Kemenkeu telah menerima setoran dividen mencapai Rp 10,6 triliun. Terbesar berasal dari PT Telkom Indonesia Tbk mencapai Rp 7,3 triliun, kemudian PT Pelindo Rp 1,3 triliun, Mind ID Rp 900 miliar, PT Semen Indonesia Rp 522 miliar, dan Bio Farma Rp 150 miliar.

"Sisanya, ada juga dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) hanya menyetorkan dividen sekitar Rp 150 miliar lebih," kata Kurnia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.