Ekonomi Tumbuh 5,44 Persen, Indonesia Aman dari Resesi?

Kompas.com - 05/08/2022, 17:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonomi Indonesia kuartal II-2022 mampu tumbuh 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy) di tengah pelemahan ekonomi global. Lantas apakah Indonesia aman dari resesi?

Ekonom sekaligus Direktur Center Of Reform on Economic (CORE) Piter Abdullah meyakini Indonesia tidak akan masuk ke jurang resesi ekonomi.

"Dengan pertumbuhan ekonomi 5,44 pada kuartal II kita bisa semakin optimis bahwa Indonesia tidak akan mengalami resesi," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022)

Baca juga: Menko Airlangga: Kemungkinan Indonesia Resesi Masih Rendah

Dia menambahkan, optimisme tersebut akan berlanjut jika Indonesia tidak memberlakukan pengetatan mobilitas masyarakat agar kegiatan ekonomi tetap berjalan.

Pasalnya tanpa adanya pengetatan maka pemulihan ekonomi akan terus berlanjut digenjot oleh konsumsi dan investasi yang terus tumbuh positif.

Demikian juga dengan ekspor yang akan tetap tinggi karena harga komoditas energi di pasar global masih tinggi.

"Proses pemulihan ekonomi terus berlanjut walaupun kasus pandemi mengalami peningkatan tetapi selama tidak ada pengetatan PPKM," imbuhnya.

Baca juga: AS Masuk Jurang Resesi, The Fed Tak Peduli


Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi kuartal II 2022 sebesar 5,44 persen ini lebih besar dari perkiraan CORE.

"Kami perkirakan pertumbuhan triwulan II di kisaran 4,5-5,0 persen. Ternyata pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,44," ucapnya.

Oleh karena itu, dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di sisa tahun 2022 masih akan tumbuh positif selama pemerintah masih melonggarkan mobilitas masyarakat seperti saat ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.