OJK Bakal Tentukan Besaran Bunga Fintech, Ini Tanggapan 360Kredi

Kompas.com - 05/08/2022, 19:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan pihaknya sedang mengkaji besaran bunga untuk fintech lending.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Moch. Ihsanuddin mengatakan, berdasarkan hasil dari tim riset internal, besaran bunga untuk industri fintech lending diperkirakan berada pada kisaran 0,3 persen hingga 0,46 persen.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama 360Kredi Suhartono mengatakan besaran bunga untuk industri fintech lending telah mendapatkan regulasi dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan OJK.

Baca juga: Dalam Sepekan, Rp 800 Miliar Modal Asing Keluar dari Indonesia

"Mereka sudah kasih guidance, memberi surat edaran, melakukan workshop, bahkan sudah melakukan kunjungan ke kantor. Rasanya kalau (bunga fintech lending) sebesar 0,4 persen, kami sudah terbiasa," kata dia kepada media, Jumat (5/8/2022).

Ia menambahkan, besaran bunga sebesar 0,4 persen telah dianggap seperti sebuah tantangan sendiri.

"Kalau kami di industri inginnya dikembalikan (besaran bunga 0,8 persen)," ucap dia.

"Namun demikian, situasi dan kondisi kami tidak mungkin memaksakan kehendak, karena bisnis ini (fintech lending) ujungnya untuk kepentingan masyarakat," timpal dia.

Baca juga: Ini Langkah Fintech 360Kredi Selesaikan Aduan Nasabah

Ia mengatakan, OJK dan AFPI memiliki aturan yang ketat tentang penetapan bunga fintech lending.

"Begitu ketahuan bunga naik sedikit dari 0,4 persen, sampai ketahuan ada curang dari situ. Perusahaan fintech akan disuspen, dibubarkan, diblokir. AFPI itu kalau merekomendasikan keras. OJK dan AFPI luar biasa," terang dia.

Fintech lending yang menyalahi besaran bunga dari ketentuan dapat diberhentikan, diblokir, dan dicabut lisensinya.

Baca juga: Kebab Turki Baba Rafi Melantai di Bursa, Bukti UMKM Bisa Naik Kelas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.