Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi RI Tumbuh 5,44 Persen, Menko Airlangga Sebut Berkat Penanganan Covid-19 yang Berbeda

Kompas.com - 05/08/2022, 19:38 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan rasa syukurnya terhadap laporan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2022 yang positif.

Menurutnya pertumbuhan ekonomi nasional yang positif ini berkat penanganan pandemi Covid-19 yang berbeda.

"Alhamdulillah, tadi pagi diumumkan oleh BPS pertumbuhan ekonomi kita extra ordinary 5,44 persen. Mengapa kita demikian? karena kita menangani Covid-19 dengan jalur yang berbeda," katanya dalam agenda 10 Tahun Forum Pemred, di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: OJK Bakal Tentukan Besaran Bunga Fintech, Ini Tanggapan 360Kredi

Lebih lanjut kata Airlangga, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah melakukan kebijakan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi dari industri dan ekspor.

Hal itu dilakukan karena konsumsi masyarakat turun akibat lemahnya tingkat daya beli masyarakat saat pendemi. Seperti diketahui, konsumsi masyarakat adalah salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Arahan Bapak Presiden, gas dan rem Indonesia yakin pada saat salah satu engine kita kena, yaitu engine konsumsi kita dorong engine pertumbuhan dari industri dan ekspor. Oleh karena itu, kita pro perdagangan multi lateralizm. Itu yang menjaga pertumbuhan kita selama 2,5 tahun," ucapnya.

Baca juga: Ini Langkah Fintech 360Kredi Selesaikan Aduan Nasabah

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022 tumbuh sebesar 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy). Realisasi itu melanjutkan pertumbuhan positif pada kuartal I 2022 yang sebesar 5,01 persen (yoy).

Sementara secara kuartalan ekonomi Indonesia tumbuh 3,72 persen (quarter to quarter/qtq). Maka secara kumulatif Januari-Juni 2022, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,23 persen dibandingkan periode yang sama di 2021.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, bila melihat pertumbuhan secara tahunan, realisasi itu menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia trennya terus membaik karena mengalami pertumbuhan positif sejak kuartal III-2021, yang pada saat itu tercatat tumbuh 3,51 persen (yoy).

Baca juga: Konsumsi Rumah Tangga Masih Jadi Penopang Ekonomi Indonesia Kuartal II-2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com