Sandiaga Uno: Sektor Parekraf Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru pada 2024

Kompas.com - 05/08/2022, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) terus menciptakan lapangan kerja baru.

"Tahun ini, pariwisata dan ekonomi kreatif akan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan tahun 2024 capai 4,4 juta lapangan kerja baru. Kita melihat bahwa lapangan kerja yang akan diciptakan itu bisa kita lakukan jika kita bergandengan tangan," katanya dalam 10 Tahun Forum Pemred, di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Mantan Wakil Gubernur DKI ini juga menilai tidak ada yang perlu dikhawatirkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, meski ekonomi masih menghadapi ketidakpastian situasi global.

Baca juga: Bank BRI Salurkan KUR Rp 1,3 Triliun ke UMKM Karawang hingga Juli 2022

"Ke depan saya lihat demokrasi kita terus semakin matang, 2024 kita akan terus melakukan kolaborasi inovasi. Menurut saya dont worry to much 2024, memang dari segi volatility, uncertainty, complexity, ambiguity akan terus. Tapi saya yakin kita punya kemampuan untuk berinovasi beradaptasi dan yang terpenting berkolaborasi," ucapnya.

Dalam forum tersebut, Sandiaga bilang berkat peranan insan media yang terus mempromosikan wisata-wisata dalam negeri, kini posisi Indonesia bisa mengalahkan Thailand berdasarkan Travel and Tourism Development Index's.

Lantaran indeks tersebut, dirinya mengajak kepada para masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja. Lantaran wisata-wisata di Tanah Air telah diakui keunggulannya serta melampaui tiga negara yang masuk Asia Tenggara ini.

Baca juga: Ridwan Kamil: Dunia Sedang Terguncang oleh 3 Disrupsi

"Terima kasih kepada media juga bahwa untuk pertama kalinya di World Economic Forum (WEF) Travel and Tourism Development Index, Indonesia naik 12 peringkat mengalahkan Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Sekarang kita sudah di atas Thailand untuk pertama kalinya. Jadi bro/sis, kalau mau healing benarin feeling, ya di Indonesia saja," imbaunya.

Kemudian dari sisi ekonomi kreatif kata Sandiaga, Indonesia masuk tiga besar di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

"Indonesia ekonomi kreatifnya sudah masuk tiga besar dunia. Kita ada di posisi ketiga setelah Amerika dengan Holywood, Korea dengan K-Pop, Indonesia sekarang merangsek posisi tiga besar dunia dengan Rp 1.300 triliun. 7,5 persen ekonomi kita ditopang oleh ekonomi kreatif," ucap Sandiaga.

Baca juga: Indodax Lelang Lukisan Yenny Wahid dalam Bentuk NFT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.