Pengertian Strategi Pemasaran dan Contoh-contohnya

Kompas.com - 05/08/2022, 22:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comStrategi pemasaran adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam pengembangan suatu bisnis. Strategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan daya jual dan membuat perusahaan menjadi lebih berkembang. Lalu, apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?

Pengertian strategi pemasaran

Sederhananya strategi pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Strategi pemasaran adalah sering juga disebut sebagai marketing strategy.

Strategi pemasaran adalah sebuah keseluruhan usaha dari suatu bisnis. Tujuannya adalah untuk menjangkau target konsumen yang dianggap prospektif. Setelah itu, strategi pemasaran akan mengubah mereka untuk menjadi seorang konsumen tetap.

Baca juga: Sandiaga Uno: Sektor Parekraf Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru pada 2024

Menurut Management Study Guide, strategi pemasaran adalah keseluruhan rencana perusahaan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap produk atau layanan brand.

Sedangkan pengertian strategi pemasaran menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

1. Tjiptono

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang atau direncanakan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan dengan melakukan pengembangan keunggulan bersaing yang berkesinambungan lewat pasar yang dimasuki dan program yang digunakan untuk melayani pasar sasarannya.

2. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, strategi pemasaran adalah pola pikir yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan, bisa mengenai startegi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran (marketing mix), dan besarnya sebuah pengeluaran pemasaran.

Baca juga: Pyridam Farma Resmi Akuisisi PT Ethica Industri Farmasi

3. Guiltinan dan Paul

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.