Lima E-Commerce Ini yang Paling Diandalkan Pelaku UMKM Online di Indonesia

Kompas.com - 06/08/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memasarkan produk barang dan jasa mereka melalui saluran digital, salah satunya melalui pasar dagang online atau e-commerce.

Dari sekian banyak e-commerce yang beroperasi, mana yang paling diandalkan pelaku UMKM di Tanah Air? 

Berdasarkan survei Telkomsel melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id, menyebutkan lima platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para pengusaha UMKM lokal di Indonesia untuk aktivitas penjualan online mereka. 

Riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id Telkomsel berlangsung dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022.

Survei tersebut melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Baca juga: Survei Populix: Masyarakat Indonesia Cenderung Gunakan Mobile Banking ketimbang E-wallet dan Digital Banking

Hasil survei, kelima e-commerce tersebut secara berturut-turut yakni Tokopedia (76 persen), Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen), dan Blibli (14 persen).

Selain itu, hasil survei juga menyebutkan e-commerce Tokopedia mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia. 

Keunggulan Tokopedia antara lain dari sisi kemudahan penggunaan (70 persen), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68 persen), layanan pusat resolusi yang baik (66 persen), fasilitas logistik yang memuaskan (70 persen), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70 persen), serta sistem pembayaran yang lengkap (73 persen).

Baca juga: Ini 3 Bank Digital yang Paling Banyak Digunakan Warga Indonesia

Pentingnya mempertimbangkan kenyamanan pelaku UMKM

Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id. Periode survei 10-2 Juni 2022 kepada 1.000 responden UMKM online yang berjualan di e-commerce dan menggunakan Telkomsel. DOK. Telkomsel Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id. Periode survei 10-2 Juni 2022 kepada 1.000 responden UMKM online yang berjualan di e-commerce dan menggunakan Telkomsel.
Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel terus berupaya membuka peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat.

Menurut Alfian, riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

“tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku eCommerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar." kata Alfian Manullang melalui keterangannya, Jumat (5/8/2022). 

Melalui survei digital tersebut, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler yang membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data.

"Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform," lanjut Alfian. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.