Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap Awal Penyelamatan, 12 PMI yang Disekap di Kamboja Tiba di Tanah Air

Kompas.com - 06/08/2022, 13:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bersama Kementerian Luar Negari (Kemenlu) telah memulangkan sebanyak 12 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sempat disekap di Kamboja.

Para PMI yang menjadi korban penipuan perusahaan online scam telah tiba di Tanah Air, pada Jumat (5/8/2022) malam. Direktur Perlindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, Brigjen Pol Suyanto mengatakan, Pemerintah Indonesia akan mengevakuasi semua PMI yang disekap di Kamboja.

"Setelah melakukan perjalanan sekitar enam jam dari lokasi penyekapan. Para PMI tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 19.40 dengan penerbangan GA837. Selanjutnya PMI akan diantarkan ke Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) milik Kemensos dan dilakukan BAP kembali oleh Bareskrim serta assessment pendataan oleh Kemensos," jelas Suyanto dalam siaran pers, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Menlu Retno Temui Mendagri Kamboja, Bahas Pemulangan WNI Korban Penyekapan ke Tanah Air

Setelah asessment, sambung Suyanto, PMI akan diberikan pilihan untuk mengikuti program di RPTC dan kemudian difasilitasi pemulangan ke daerah asalnya oleh BP2MI.

"Alhamdulillah kondisi fisik mereka baik. 12 PMI yang dipulangkan ini adalah tahap awal dari 62 PMI yang disekap. Kita terus bekerja sama dengan pihak otoritas Kamboja untuk langkah keamanan dan jadwal pemulangan," sambung Suyanto.

Ia menjelaskan bahwa modus penempatan PMI yang tersekap di Kamboja ini semua menggunakan visa kunjungan dari agensi secara online. "Mereka PMI tidak tahu akan ditempatkan di Kamboja," ujar Suyanto.

Baca juga: Menyoroti Kesadaran Hak, Regulasi dan Perlindungan PMI di Jepang

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Judha Nugraha mengatakan, pemerintah perlu melakukan langkah-langkah yang tepat dan meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Sekarang 12 PMI korban penipuan Kamboja tiba dengan selamat di Tanah Air. Proses selanjutnya adalah pemulangan bersama BP2MI, Kementerian Sosial dan Kepolisian. Ini adalah tahap pertama pemulangan korban penipuan Kamboja. Tahap selanjutnya akan kita lakukan menyesuaikan," kata Judha.

Kemenlu pun telah bertemu dengan pihak Kepala Kepolisian Kamboja dan Menteri Dalam Negeri Kamboja untuk melakukan penyelamatan. PMI ini bisa dipulangkan dengan cepat ke Indonesia, berkat langkah percepatan repatriasi.

"Kita terus bekerja sama dengan pihak otoritas Kamboja. Jadi jumlah PMI yang ada di Kamboja selalu bergerak. Dengan kerja sama yang solid ini semua PMI akan secepatnya bisa dipulangkan," katanya.

Baca juga: Kemenaker: Malaysia Tunduk dan Patuhi Penempatan PMI Melalui Sistem RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com