Luhut Beberkan Data-data, Bantah Indonesia Dikontrol China

Kompas.com - 07/08/2022, 17:14 WIB

KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan membantah anggapan bahwa Indonesia dikontrol Cina. Ia bilang, kondisi Indonesia saat ini tidak terlalu tergantung pada Cina.

Untuk membantah anggapan itu, Luhut lalu membeberkan data-data terkait defisit perdagangan atau trade deficit antara Indonesia dengan Cina terus menurun setiap tahun.

Trade deficit adalah kondisi nilai impor suatu negara melebihi ekspornya selama periode waktu tertentu. Ia bertutur, orang yang menganggap Indonesia dikontrol China, dinilainya tidak mengerti soal angka-angka makro tersebut.

Dalam penjelasannya, dalam beberapa tahun, Luhut menyebut nilai defisit ekspor-impor Indonesia dari China terus menyusut hingga ke level 17 miliar dollar AS, dari sebelumnya sempat mencapai 27 miliar dollar AS.

Baca juga: Mengingat Janji Jokowi saat Pilih China: Kereta Cepat Tak Pakai APBN

Bahkan, nilai defisit impor Indonesia dengan China sudah berkurang lagi menyisakan sekitar 2 miliar dollar AS di tahun 2021.

"Jadi kalau ada orang bilang kita dikontrol China saya juga kadang-kadang bingung ini yang ngomong ngerti nggak angka," ucap Luhut seperti dikutip dari akun Youtube Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) pada Minggu (7/8/2022).

"Saya tentara, saya karena tiap hari di-brief (arahan) oleh anak-anak muda di kantor saya saya jadi paham ini angka, we are on the right track, kita sekarang jalan di track yang benar," tambah dia.

Diungkapkan Luhut, jika menggunakan patokan perdagangan kedua negara, Indonesia mulai mengurangi ketergantungannya pada Beijing.

Baca juga: Indonesia Jadi Pelaris Kereta Cepat Buatan China

"Kita kadang nggak percaya bahwa kita hebat. Kita ini hebat. Ini Anda lihat juga tadi defisit perdagangan dengan China, bagaimana orang bilang China mengontrol kita?" tegas Luhut.

Hal lain yang dilakukan pemerintah, adalah menggenjot hilirisasi produk tambang. Di mana banyak investor, termasuk dari China, yang menanamkan modalnya di sektor ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.