Jokowi Sebut Ekonomi Global Tahun Depan Akan Gelap, Benarkah Demikian?

Kompas.com - 08/08/2022, 09:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memprediksi kondisi ekonomi dunia pada 2023 akan lebih sulit daripada tahun ini.

Prediksi tersebut berdasarkan pertemuan dengan para pemimpin dunia, seperti Sekjen PBB Antonio Guterres, para kepala lembaga internasional, dan negara G7.

"Beliau-beliau menyampaikan, Presiden Jokowi, tahun ini kita akan sangat sulit, terus kemudian tahun depan seperti apa? Tahun depan akan gelap. Ini bukan Indonesia, ini dunia, hati-hati, bukan Indonesia, yang saya bicarakan tadi dunia," ujar Jokowi, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Ini Tantangan Ekonomi Indonesia pada Semester II 2022

Benarkah demikian?

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan, berdasarkan survei Bloomberg, ancaman resesi global semakin kuat dalam 12 bulan ke depan.

"Probabilitas resesi ekonomi menurut survei Bloomberg sebesar 47,5 persen dalam 12 bulan ke depan. Angka ini meningkat dibanding bulan Juni yakni probabilitas resesi 30 persen," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, dikutip Senin (8/8/2022).

Apa saja yang akan terjadi di tahun depan sehingga dapat dikatakan kondisi ekonomi memburuk dari tahun ini?

1. Harga komoditas berbalik turun

Peningkatan probabilitas resesi global tersebut didukung oleh harga komoditas global yang sempat melonjak tajam beberapa waktu lalu kini justru berbalik arah karena melemahnya sisi permintaan.

Hal ini akan menurunkan penghasilan negara-negara yang selama ini mengandalkan ekspor komoditas seperti Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.