Penjual Bubur Raih Emas ASEAN Para Games, Sandiaga Uno: Kita "Branding" Bubur Ranking Ke-7 Dunia

Kompas.com - 08/08/2022, 12:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menemui Bang Udin alias Khoilidin, peraih medali emas ASEAN Para Games 2022 cabang panahan.

"Tidak akan ada yang menyangka! Awalnya berprofesi sebagai tukang bubur, kini peringkat 7 dunia atlet panahan disabilitas," tulis Sandiaga Uno dalam akun Instagram @sandiuno, dikutip pada Senin (8/8/2022).

Dalam unggahan tersebut, Sandiaga Uno bertanya apa yang spesial dari bubur ayam Bang Udin. Bang Udin, yang sehari-hari berjualan bubur ayam di daerah Sarinah, Jakarta Pusat, mengatakan, yang spesial dari bubur ayamnya adalah telur ayam kampung mentah yang dicampurkan dalam bubur ayam.

Baca juga: Viral soal Unggahan Bang Udin, Penjual Bubur yang Sumbang Emas di Asean Para Games 2022, Siapakah Dia?

"Kalau di tempat istri saya itu kan branding-nya bubur ayam terenak se-Asia Tenggara. Mungkin ini kita branding bubur ranking ke-7 dunia," sebut Sandiaga.

Dia menambahkan, perjalanan Bang Udin hingga mencapai posisi sekarang menempuh proses yang tidak mudah. Untuk dapat sampai posisi sekarang, Bangu Udin telah membuktikan tekad kuat, kegigihan, serta konsistensi.

"Pelajarannya bagi kita bahwa di balik musibah pasti ada berkah, dan keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk bisa berprestasi. Doa dari kami semoga bisa terus mengukir prestasi di ajang-ajang selanjutnya," lanjut Sandi.

Sandiaga juga berharap usaha bubur Bang Udin dapat berkembang pesat.

"Buka lebih banyak lapangan kerja baru bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkas dia.

Bang Udin menjelaskan, awalnya ia menggunakan dua tangan untuk memanah. Namun, suatu ketika pada tahun 2016 Bang Udin jatuh dari pohon dan tangannya mengalami infeksi sehingga terpaksa diamputasi.

"Awalnya saya pakai gigi depan, sampai sariawan-sariawan. Tiga hari tidak bisa makan, Pak. Sekarang ditaruh di geraham pakai cover gigi," cerita dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.