Rudi Rusli
Pegawai Negeri Sipil

Pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian BUMN, lulusan doktoral manajemen strategis Universitas Trisakti.

Integritas di BUMN

Kompas.com - 08/08/2022, 15:06 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KORUPSI bukan kejahatan biasa. Korupsi adalah kejahatan luar biasa. Seharusnya frase itu memengaruhi penyikapan kita terhadap korupsi.

Karenanya, upaya-upaya yang dilakukan di segala lini dengan tujuan melawan korupsi seharusnya juga merupakan upaya yang dikategorikan sebagai upaya luar biasa (extraordinary efforts).

Salah satunya, upaya preventif menanamkan nilai-nilai integritas. Penanaman nilai-nilai integritas ini tentunya ditujukan untuk semua kalangan, termasuk insan BUMN.

Pentingnya integritas di BUMN

BUMN merupakan entitas strategis di tanah air ini. Selain berperan sebagai salah satu pelaku ekonomi nasional dengan aset hampir Rp 9.000-an triliun, BUMN juga berfungsi sebagai agen pembangunan.

Terkait peran BUMN ini, dalam tataran teknisnya terdapat lima program prioritas Kementerian BUMN sebagai pembina BUMN yang dicanangkan Menteri BUMN Erick Thohir sejak awal kepemimpinannya.

Pertama, BUMN harus memiliki nilai ekonomi dan sosial untuk Indonesia. Dalam lingkup ini, BUMN diharapkan berperan serta meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial terutama di bidang ketahanan pangan, energi dan kesehatan.

Kedua, inovasi model bisnis. BUMN harus melakukan restrukturisasi model bisnis melalui pembangunan ekosistem, kerja sama, perkembangan kebutuhan stakeholders dan fokus pada core business.

Ketiga, kepemimpinan teknologi. BUMN harus memimpin secara global dalam teknologi strategis dan melembagakan kapabilitas digital seperti data management, advanced management, big data, artificial intelegence dan lain-lain.

Keempat, peningkatan investasi. BUMN harus mengoptimalkan nilai aset dan menciptakan ekosistem investasi yang sehat.

Kelima, pengembangan talenta. Dalam pengembangan talenta, BUMN mengedukasi dan melatih tenaga kerja, mengembangkan SDM berkualitas untuk Indonesia, profesionalisasi tata kelola dan sistem seleksi SDM.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.