Mentan SYL: Pertanian Menjadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Kompas.com - 08/08/2022, 19:26 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan sektor pertanian memiliki andil sebesar 12,98 persen pada pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2022.

Mengamati andil besar sektor pertanian di pembangunan nasional, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini sektor pertanian juga memiliki kontribusi sangat besar terhadap pembangunan ekonomi daerah.

“Pertanian merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sekaligus daerah-daerah yang berada di dalamnya. Sehingga sangat penting bagi pemimpin daerah untuk menjalankan kebijakan dan program yang fokus pada sektor pertanian,” ungkap SYL dalam siaran resminya, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Mentan SYL: Solo Raya Akan Dijadikan Salah Satu Sentra Produksi Kelapa Genjah

Peran pertanian dalam pembangunan ekonomi daerah juga dirasakan SYL saat memimpin Sulawesi Selatan selama dua tahun. Sewaktu menjabat Gubernur Sulawesi Selatan, SYL berhasil mengangkat pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan hingga mencapai 7,8 persen.

Sektor pertanian disebut SYL memiliki kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan saat itu.

“Berdasarkan pengalaman saya saat menjabat sebagai camat, bupati, hingga gubernur, seorang pemimpin yang serius dan bertanggung jawab dalam menggarap sektor pertanian akan berhasil mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerahnya,” ungkap SYL.

Baca juga: Hadapi Krisis Global, Mentan SYL Tegaskan Pertanian Indonesia Tetap Tumbuh dan Tangguh

Sebut saja, Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. BPS menyebutkan pada kuartal I/2022 pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah tercatat mencapai 5,12 persen. Pada kuartal II/2022 dapat didongkrak menjadi 5,66 persen.

Sementara perekonomian Jawa Timur di kuartal I/2022 tumbuh positif 5,20 persen dibanding kuartal I/2021. Sektor pertanian disebut memiliki kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: Lewat Permentan Nomor 10 Tahun 2022, Mentan SYL Ajak Seluruh Pihak Rapatkan Barisan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.