Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Jokowi: Ini Terbesar di Kalimantan

Kompas.com - 09/08/2022, 14:30 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


MEMPAWAH, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Kajang Pelabuhan Pontianak yang berada di Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (9/8/2022). Dalam pidatonya Jokowi mengungkapkan bahwa Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak merupakan yang terbesar di Kalimantan.

“Sangat besar sekali. Ini adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Terminal Kijing mulai dibangun sejak 2016. Pelabuhan ini dinilai akan memperkuat daya saing dari produk-produk unggulan yang dihasilkan provinsi Kalimantan Barat.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Terminal Kijing Pagi Ini

“Karena disini memiliki kekuatan besar crude, palm oil, alumina, bauksit, dan produk-produk lainnya. Pelabuhan ini memiliki kapasitas 500.000 teus dan juga 8 juta ton peti kemas,” lanjutnya.

Jokowi mengatakan, nilai investasi untuk Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak sebesar Rp 2,9 triliun. Dengan nilai investasi tersebut, Jokowi berharap dapat memperkuat daya saing dan memperbaiki konektivitas.

“Kata Pak Dirut Pelindo, (Investasi) Rp 2,9 triliun. Jangan sampai investasi besar itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektifitas pelabuhan antar pulau dan antar negara,” lanjutnya.

Baca juga: Jokowi Minta Sri Mulyani Bikin Stress Test APBN Hadapi Gejolak Ekonomi Global

Dalam kesempatan itu, hadir pula, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimeoljono.

Jokowi memastikan kepada Basoeki untuk segera menyelesaikan proyek pembangunan jalan yang ada di Terminal Kijing tersebut.

“Saya juga ingin dari Pelabuhan Pontianak jalannya diperlebar. Pak Menteri PU hadir juga, dan langsung sekalian diselesaikan. Sehingga perjalanan kontainer maupun yang non-kontainer semua bisa lancar,” ungkapnya.

Baca juga: Jokowi Sebut Ekonomi Global Tahun Depan Akan Gelap, Benarkah Demikian?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com