Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FLOII Bakal Digelar di Jakarta, Saatnya Penggemar Tanaman Hias Berkumpul

Kompas.com - 10/08/2022, 20:23 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Quad Event bekerja sama dengan Perhimpunan Florikultura Indonesia (PFI) menyelenggarakan Floriculture Indonesia International Convex (FLOII), acara florikultura terbaru yang diharapkan dapat menjadi awal dari wadah penggemar dan pengusaha tanaman hias di Indonesia.

Mengusung tema “Empowering Mindscapes and Transforming Indonesia Tropical Plants Industry”, FLOII akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022 bertempat di Hall A, Jakarta Convention Center.

Ketua PFI Rosy Nur Apriyanti berharap FLOII bisa mewujudkan wadah pertemuan para pecinta, praktisi, pengamat, hingga akademisi yang berkecimpung di budidaya tanaman hias untuk membangun ekosistem industri tanaman hias yang solid dan berkelanjutan.

Baca juga: Ada Ancaman Resesi Global, AC Ventures Bagikan Tips Bagi Founder Startup Agar Bisa Bertahan

“Hal ini juga sejalan dengan misi kami dalam menyampaikan informasi untuk meningkatkan kesadaran pentingnya tanaman hias sebagai komponen lingkungan. Kami juga menjalin hubungan kerjasama dengan pemerintah atau organisasi lainnya agar bisa bersama-sama melestarikan dan mengembangkan potensi industri ini," ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (10/8/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, FLOII dibuka untuk umum dan terbuka untuk semua penggiat dan penggemar tanaman hias, peneliti, kolektor, holtikulturis, dan masyarakat pada umumnya.

FLOII diharapkan menjadi titik awal dalam menyusun rencana strategis industri tanaman hias Indonesia dan menjadi salah satu acara internasional yang diakui dunia sebagai pameran keanekaragaman hayati terlengkap dan pusat bisnis yang efektif.

Penyelenggaraan FLOII mendapat dukungan dari asosiasi lain yaitu Indonesian Aroid Society, sebuah organisasi yang fokus terhadap pemanfaatan tanaman jenis Aroid (aracea) seperti monstera, anthurium, philodendron, aglonema, dan lain-lain.

Baca juga: Kementerian ESDM: 71 Perusahaan Belum Penuhi Pasokan Batu Bara ke PLN

Organisasi yang masih berkecimpung di dunia tanaman hias ini mendukung penyelenggaraan FLOII untuk mendorong kolaborasi pemanfaatan tanaman Aroid yang berkelanjutan.

“Indonesian Aroid Society dan asosiasi lain siap bekerja sama atau kolaborasi dengan Perhimpunan Florikultura Indonesia demi mendorong terbentuknya forum tanaman hias yang berkelanjutan,” kata Ketua Indonesia Aroid Society Ery Erlangga.

Hal tersebut juga diamini Presiden Direktur PT Fasen Creative Quality (QUAD Event) Michael Bayu A. Sumarijanto. Dia mengatakan acara ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar tertarik pada tanaman hias yang sulit didapatkan, unik, variatif dan berbagai macam tanaman lain yang biasa ditanam.

Dalam gelaran ini juga menghadirkan ragam acara dan kegiatan, seperti pameran tanaman hias, konferensi yang menghadirkan ahli holtikultura dari dalam dan luar negeri, kontes tanaman hias, kontes fotografi, dan kegiatan sosial.

Baca juga: 143 Mobil Listrik Lexus dari Jepang Jadi Kendaraan Resmi Delegasi KTT G20

Kemudian ada juga konferensi yang bertujuan untuk mengumpulkan beragam anggota ahli, tamu dan pembicara yang andal pada bidang industri tanaman. Dimana para ahli yang telah dikumpulkan akan membuka diskusi dan memberikan penawaran serta kesempatan untuk belajar mengenai tanaman hias.

"Selain itu, para peserta juga mendapat kesempatan untuk saling berbagi pengetahuan kepada para peserta lainnya. Selain itu ada juga kontes tanaman hias hingga kegiatan sosial, seperti lelang, malam ramah tamah, trading, dan ditutup dengan acara penghargaan untuk apresiasi terhadap penggiat tanaman hias,” jelas dia.

Adapun ajang FLOII dapat diikuti oleh pemelihara dan penjualan produk tanaman, penjual produk layanan lanskap dan taman, dan penjual pembibitan sebagai peserta pameran.

Baca juga: Upah PMI Sektor Domestik di Taiwan Naik Jadi Rp 9,9 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com