Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Digital Buat UMKM Tahan Menghadapi Gejolak Ekonomi

Kompas.com - 11/08/2022, 12:41 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) Mekari memaparkan, berdasarkan riset SMB Pulse Index oleh Mekari ditemukan tiga tren peran teknologi dalam memperkuat resiliensi UMKM untuk menjaga perumbuhan bisnis di tengah pandemi.

COO Mekari Anthony Kosasih mengatakan, riset SMB Pulse Index memperlihatkan, transformasi digital menguatkan resiliensi UMKM dalam menghadapi gejolak pasar.

"Tren pertama adalah UMKM yang sigap beradaptasi dengan solusi digital akan lebih lincah menangkap peluang pasar dan lebih cepat kembali ke titik pertumbuhan positif," kata dia dalam konferensi pers Kamis (11/8/2022).

Ia menjabarkan tren kedua, UMKM dengan tingkat digitalisasi yang tinggi akan mengalami pertumbuhan bisnis yang lebih tajam.

Terakhir, UMKM kini menggunakan solusi Software-as-a-Service (SaaS) sebagai platform untuk mengintegrasikan solusi-solusi lainnya dan membentuk ekosistem digital yang akan memuluskan operasional bisnis.

Baca juga: Digitalisasi UMKM dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Anthony memerinci, untuk tren pertama, riset SMB Pulse Index mencatat bahwa 73 persen dari UMKM pengguna solusi digital yang disurvei merekam pertumbuhan positif selama 2021, tahun ketika pandemi memuncak.

Khusus untuk UMKM di segmen Business-to-Consumer (B2C), pergeseran konsumen ke belanja omnichannel, atau online shopping telah membantu UMKM yang terdigitalisasi untuk kembali ke titik pertumbuhan positif.

Baca juga: Percepat Transformasi Digital, Perbankan Butuh Solusi TI Terkini

Selanjutnya, perihal tren kedua, riset SMB Pulse Index memperlihatkan UMKM yang menggunakan berbagai solusi digital yang saling terhubung untuk membentuk suatu ekosistem digital mencatat bertumbuh 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan UMKM yang sebatas menggunakan satu solusi saja.

Lebih dalam lagi, UMKM yang menggunakan bermacam-macam solusi digital, atau multi-tech adopter, di segmen B2B merekam pertumbuhan positif 1,54 kali lebih dibandingkan dengan mereka yang menggunakan satu solusi digital di segmen serupa.

Anthony bilang, UMKM multi-tech adopter di segmen B2C juga merekam pertumbuhan positif 1,51 kali lebih dibandingkan dengan single-tech adopter di segmen sama.

“Penggunaan solusi digital yang tinggi tidak terlepas dari talenta digital. Bisnis mikro, kecil, dan menengah yang menyediakan akses ke solusi digital bagi lebih dari 5 karyawannya mencatat pertumbuhan positif antara 1,31 kali hingga 1,39 kali lebih dibandingkan dengan bisnis di segmen serupa yang memberikan akses ke solusi digital bagi sama dengan atau kurang dari 5 karyawannya,” imbuh dia.

Baca juga: OJK Bakal Tentukan Besaran Bunga Fintech, Ini Tanggapan 360Kredi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com