Bos Kartu Prakerja: Menciptakan SDM Berkualitas Tak Semudah Membuat Monumen

Kompas.com - 12/08/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menuturkan, untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, kuncinya ada pada kualitas sumber daya manusia.

Pernyataan itu dikemukakan dalam Diskusi Strategis Islam Nusantara Foundation bertema Model Penguatan Ekonomi Kerakyatan dan Kedaulatan Pangan, di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

"Menciptakan SDM berkualitas tidak semudah membuat monumen. Sebagai negara besar, dengan 275 juta penduduk dan 13.000 pulau dari Sabang hingga Merauke, kita butuh program besar yang punya dampak luas," paparnya melalui siaran pers, Jumat (12/8/2022). 

Baca juga: Alami Hambatan Saat Daftar Kartu Prakerja? Ini Cara Atasinya

Untuk mewujudkan SDM berkualitas maka Program Kartu Prakerja hadir memberikan pelatihan. Denni bilang, pelatihan-pelatihan yang ada pada ekosistem Program Kartu Prakerja sangat beragam.

Termasuk di antaranya pelatihan yang menghasilkan sumber daya manusia berkualitas untuk mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Terdapat tiga startup agritech menonjol yang mendukung ketahanan pangan di Indonesia misalnya Tanihub, Efishery, dan Edenfarm.

 Untuk itulah, pelatihan-pelatihan Prakerja memberikan peningkatan kompetensi sesuai karakter kebutuhan utama praktisi startup, yang tiga tulang punggung utamanya ada di tiga bidang yaitu data, product, dan engineering.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 40 Dibuka, Simak Cara Daftar dan Syaratnya 

Tenaga kerja yang dibutuhkan di sektor data sangat luas. Job desknya yakni mengolah, menjaga, dan menganalisis big data sesuai kebutuhan perusahaan. Lapangan pekerjaan yang tersedia antara lain data scientist, data analyst, data engineer, dan data visual.

Di bidang produk tugas utamanya menganalisis dan memastikan pembuatan fitur sesuai kebutuhan konsumen, serta mengkoordinasikan pembuatan fitur sesuai rencana. Lapangan pekerjaannya bisa sebagai researcher, product design, product management, dan UI/UX design.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 40 Sudah Dibuka, Daftar di www.prakerja.go.id 

Di bidang engineering, pekerjaan utamanya mengeksekusi produksi dan menjaga produk yang sudah ada. Posisinya bisa di front end, back end, infrastructure, cyver security, mobile, desktop, dan cloud engineer.

Perusahaan teknologi juga memerlukan tenaga pendukung seperti bidang sales, business development dan marketing, finance, talent dan general affairs, serta corporate secretary.

Sementara, posisi pekerjaan yang tersedia antara lain sebagai tenaga penjualan, tim kreatif, tim sosmed, keuangan, government relations, public relations, dan community development.

Semua itu ada di ekosistem Kartu Prakerja yang kini memiliki 1.011 pelatihan aktif yang disiapkan oleh 179 lembaga pelatihan. Termasuk di antaranya 85 pelatihan khusus bidang teknologi informasi (TI) yang disediakan 37 lembaga penyedia pelatihan teknolgi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.