Televisi Masih Kuasai Belanja Iklan di RI, Totalnya Rp 107 Triliun

Kompas.com - 12/08/2022, 14:10 WIB

KOMPAS.com - Nielsen Indonesia mencatat media televisi berhasil menyerap Rp 107,5 triliun dari total belanja iklan yang sebesar Rp 135 triliun pada semester I tahun 2022 ini.

Director Client Lead Nielsen Indonesia Selly Cahyani Putri mengatakan televisi masih mendominasi serapan belanja iklan dibanding media lain dengan presentase sebesar 79,7 persen pada periode ini.

Menurutnya, rate card televisi yang naik sekitar tujuh persen, justru membuat belanja iklan pada media itu tumbuh sebesar delapan persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Jadi delapan persen kenaikan TV ini lebih didorong karena kenaikan rate card. Jadi stasiun TV nya menaikkan harga rate card sekitar 7 persen" ujar Selly dikutip dari Antara, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Mengenal Tugas CEO dan Tanggung Jawabnya dalam Perusahaan

Selly mengatakan belanja iklan pada televisi didominasi oleh industri Fast Moving Consumer Good (FMCG), yakni seperti makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, produk kebersihan dan lainnya.

Ia mengatakan jumlah spot iklan di televisi juga terus mengalami kenaikan, yakni pada semester I 2019, spot iklan sebanyak 2,13 juta, semester I 2020 naik menjadi 2,34 juta, semester I 2021 naik menjadi 2,88 juta dan semester I tahun ini naik menjadi 2,91 juta.

"Kenaikan spot iklan di TV tahun ini naik sekitar satu persen," ujar Selly.

Selain 79,7 persen diserap oleh televisi, belanja iklan yang sebesar Rp 135 triliun pada semester I tahun ini, 15,2 persen diserap oleh media digital, 4,8 persen diserap media cetak dan 0,3 persen diserap radio.

Baca juga: Mengenal Perbedaan CEO, COO, CFO, CTO, dan CMO di Perusahaan

Nielsen melakukan monitoring terhadap 15 stasiun televisi, 161 media cetak, 104 radio, 200 situs dan 3 media sosial. Dalam melakukan perhitungan, Nielsen menggunakan metode gross rate card, yakni tidak memasukkan unsur diskon, promo, paket dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.