Dukung UKM, Tiktok Kembali Gelar Pelatihan Bisnis Digital

Kompas.com - 12/08/2022, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - TikTok kembali meluncurkan program untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melalui pelatihan bisnis digital #MajuBarengTikTok.

Head of Small Medium Business TikTok Indonesia Pandu Truhandito mengatakan, Kemenparekraf menargetkan 30 juta pelaku UMKM ke platform lokapasar pada tahun 2023. Hingga April 2022, sebanyak 19 juta pelaku UMKM sudah masuk ke platform e-commerce.

"Artinya masih banyak yang bisa kami (TikTok) kontribusikan bersama juga dengan pemerintah Indonesia," kata Pandu dalam peluncuran program #MajuBarengTiktok secara virtual, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Pemerintah Sudah Kantongi Rp 88,93 Miliar dari Pajak Kripto

Pandu mengatakan, program #MajuBarengTikTok bertujuan agar UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnis.

Program ini, kata dia, akan dibagi ke dalam berbagai periode serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia agar memiliki cakupan nasional.

"Topik yang akan dibagikan di program tahun ini meliputi tiga fokus, yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok," ujarnya.

Pandu mengatakan, pendaftaran program ini resmi dibuka pada 12 Agustus 2022 dan dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis dengan mengunjungi website www.MajuBarengTikTok.com. 

Baca juga: Sri Mulyani Bilang, Pendapatan Negara Sudah Melejit 50,3 Persen

Ia mengatakan, kelas pertama #MajuBarengTikTok akan dimulai pada bulan September 2022.  

"Kami mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh Kemenparekraf untuk bersama-sama memberdayakan UMKM lokal melalui program penyuluhan terpadu ini," tuturnya.

Lebih lanjut, Pandu mengatakan, bersama TikTok, Kemenparekraf mengajak masyarakat untuk terus memberikan apresiasi dan dukungan kepada produk kreatif lokal.

"Program ini menjadi bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 untuk membantu Indonesia pulih dan bangkit lebih cepat," ucap dia.

Baca juga: Kemendag Larang Impor Pakaian Bekas, Ini Alasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.