BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Sambut HUT Ke-77 RI, TikTok Gelar TikTok Shop For Your Fashion Khusus untuk Brand Fesyen Lokal

Kompas.com - 15/08/2022, 21:28 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Platform e-commerce yang terintegrasi dalam ekosistem TikTok, TikTok Shop, menggelar TikTok Shop For Your Fashion mulai Kamis (11/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022). Acara dihelat untuk mendukung brand fesyen lokal agar tumbuh dan maju bersama dengan TikTok Shop melalui peningkatan brand awareness kepada masyarakat secara lebih luas.

Program TikTok Shop For Your Fashion menghadirkan dua agenda utama, yakni pameran dan fashion show yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, serta in-app challenge #TikTokShopBanggaLokal.

Adapun TikTok Shop For Your Fashion merupakan bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia yang diselenggarakan oleh TikTok sepanjang Agustus 2022. Program ini dibuat untuk mengobarkan semangat kebinekaan agar Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat sesuai dengan tema perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (RI).

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), industri fesyen merupakan salah satu tulang punggung industri ekonomi kreatif lokal.

Pada 2021, industri tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 2,98 persen. Angka ini menunjukkan tren positif jika dibandingkan dengan sektor industri lain yang cenderung mengalami pertumbuhan negatif pada masa pandemi Covid-19.

Perkembangan industri fesyen juga terlihat dari pertumbuhan TikTok Shop. Pada periode Agustus hingga Desember 2021, industri ini mencatatkan total pembelian atau gross merchandise value (GMV) hingga 18 kali lipat.

Berkaca dari hal tersebut, TikTok Shop pun berkomitmen untuk terus memberdayakan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta seller fashion melalui ekosistem TikTok yang lengkap dan terintegrasi.

(Baca juga: Lewat #SerunyaIndonesia, TikTok Ajak Penggunanya Meriahkan HUT Ke-77 RI)

Fashion Category Lead TikTok Shop Indonesia Desey Muharlina Bungsu menilai bahwa peningkatan aktivitas fisik serta pertemuan tatap muka ketika memasuki era endemi turut mendorong peningkatan kebutuhan konsumen terhadap pakaian dan fashion item lain.

“TikTok Shop memanfaatkan tren tersebut sebagai sebuah kesempatan untuk turut memajukan seller dan brand lokal, termasuk dari kategori fesyen,” ujar Desey dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Desey menjelaskan, TikTok Shop For Your Fashion sengaja dikemas secara hybrid agar brand fesyen lokal dapat menghadirkan pengalaman berbelanja online yang mulus sekaligus berinteraksi tatap muka.

Program TikTok Shop For Your Fashion menghadirkan dua agenda utama, yakni pameran dan fashion show yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, serta in-app challenge #TikTokShopBanggaLokal TikTok Program TikTok Shop For Your Fashion menghadirkan dua agenda utama, yakni pameran dan fashion show yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, serta in-app challenge #TikTokShopBanggaLokal

Para kreator dan seller fesyen TikTok Shop Pengguna TikTok dapat menggunakan challenge #TikTokShopBanggaLokal pada unggahan yang berbentuk video singkat dan livestream di platform TikTok mulai Senin (25/7/2022) hingga Minggu (21/8/2022).

Pemenang hashtag challenge akan mendapatkan berbagai hadiah menarik sekaligus fasilitas yang dapat mendorong bisnis seller di TikTok Shop.

Sementara itu, lewat pameran offline, brand fesyen lokal dapat menunjukkan bahwa produk unggulan mereka mampu disandingkan dengan brand fesyen internasional.

Untuk diketahui, agenda Fashion Show dan Fashion Exhibition pada gelaran TikTok Shop For Your Fashion menghadirkan sejumlah seller fesyen lokal di TikTok Shop, mulai dari brand fesyen modest, seperti Mayoutfit, produk fesyen pria, seperti Roughneck 1991 dan Shining Bright, produk tas dan sepatu, seperti Jimshoney dan Aurum Lab, produk pakaian olahraga, seperti Eiger, hingga produk fesyen unisex, seperti sweaterpolos.id.

(Baca juga: Cerita 3 Seller UKM Raih Cuan Jelang Lebaran melalui TikTok Shop)

Selain brand lokal, content creator, dan host papan atas, TikTok Shop For Your Fashion juga menghadirkan sesi livestream di booth brand lokal tersebut.

Program TikTok Shop For Your Fashion turut disambut hangat oleh para seller fesyen lokal. Salah satunya datang dari sweaterpolos.id.

Founder sweaterpolos.id Selvy Sepan mengatakan bahwa pihaknya telah merasakan dampak positif dari platform TikTok Shop. Menurutnya, TikTok Shop membantu sweaterpolos.id tumbuh secara cepat.

“Dengan fitur yang ada di TikTok Shop, kami dapat melakukan pemasaran serta penjualan secara lebih kreatif dan cocok dengan target konsumen. Calon pembeli yang melihat video tentang brand kami di TikTok bisa langsung berbelanja di toko kami. Jadi, proses belanja menjadi lebih cepat dan praktis,” jelas Selvi.

Dia menambahkan, platform TikTok Shop juga mudah digunakan oleh pihak penjual seperti mereka. Hal ini semakin mempercepat sellers untuk melayani dan melakukan pengiriman kepada konsumen.

Untuk diketahui, TikTok Shop For Your Fashion juga dimeriahkan dengan program 8.8 Merdeka Sale yang berlangsung pada Senin (8/8/2022) hingga Rabu (17/8/2022).

Pada gelaran tersebut, TikTok Shop menyediakan berbagai voucer dan diskon menarik guna memudahkan pengguna TikTok mendapatkan produk brand lokal di platform itu.

Informasi selengkapnya mengenai agenda TikTok Shop For Your Fashion dapat kamu temukan pada tautan berikut.


komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com