E-COMMERCE

Kisah Seller Laris Manis Jualan dengan Memanfaatkan Fitur dan Program Shopee

Kompas.com - 16/08/2022, 09:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) produk kayu Prima Shabby Craft, Laily Prima Monica, tak pernah menyangka.

Keputusannya untuk berjualan di Shopee dengan memanfaatkan fitur dan program yang ditawarkan e-commerce itu dapat berdampak besar pada usahanya.

Dagangannya laris manis. Pantauan Kompas.com, pada laman akun Shopee-nya, Prima Shabby Craft memiliki kurang lebih 1.000 produk dengan hasil penjualan ribuan per produk di etalasenya.

Baca juga: Setahun Berdiri untuk UMKM Indonesia, Simak Deretan Fakta Menarik dari Kampus UMKM Shopee

"Saya benar-benar mencari tahu di kolom edukasi penjual sedang ada fitur-fitur promo apa saja yang sedang berjalan. Setelah dipraktikkan, ternyata tidak sesulit itu. Justru (hasilnya) lebih efektif. Hasil penjualan menjadi optimal karena produk semakin dikenal luas," jelas pemilik Laily pada Kompas.com, Selasa (16/8/2022)

Seller Prima Shabby Craft, Laily Prima Monica (dua dari kanan) bersama pegawainya saat menggunakan Shopee sebagai toko
online usahanya.Dok Istimewa Seller Prima Shabby Craft, Laily Prima Monica (dua dari kanan) bersama pegawainya saat menggunakan Shopee sebagai toko online usahanya.

Selain fitur, UMKM asal Blitar, Jawa Timur, tersebut juga mengikuti sejumlah kampanye yang dilakukan di Shopee seperti Big Sale Ramadan, Shopee Mantul Sale, Cuci Gudang, Murah Lebay, dan Rp1.

Pihaknya, kata Laily juga aktif mengikuti beragam program untuk meningkatkan penjualan termasuk Program Ekspor Shopee. Kini, Prima Shabby telah melakukan ekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Singapura.

Bantu UMKM memasarkan hingga luar negeri

Pada dasarnya, Shopee berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM untuk sukses. Shopee juga menawarkan banyak fitur canggih untuk para pebisnis pemula.

Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) soal pengguna internet di Indonesia periode 2021 hingga awal 2022 menyebut, terdapat sekitar 210 juta orang terkoneksi internet.

Baca juga: Brand Lokal Makin Dilirik, Ini Kisah UMKM yang Raup Cuan melalui Shopee

Hal itu menjadi peluang emas bagi pengusaha lokal yang ingin berbisnis online di platform e-commerce, termasuk di Shopee.

Seller mentor Shopee, Jonathan Kho, menyebut, sejumlah fitur canggih di Shopee memiliki dampak positif bagi para seller yang mengaktifkan fitur dan mengikuti kampanye di Shopee.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.