Kompas.com - 18/08/2022, 22:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Allianz Life Indonesia melakukan edukasi literasi keuangan dan asuransi kepada masyarakat, khususnya keluarga muda.

Ketua Yayasan Allianz Peduli Ni Made Daryanti mengatakan, literasi keuangan dan asuransi adalah pengetahuan yang penting untuk dimiliki masyarakat Indonesia, khususnya keluarga muda.

"Kami melakukan literasi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, generasi milenial, sampai ke usia dewasa. Dengan memiliki pemahaman dasar sampai tingkat lanjut mengenai cara mengelola keuangan, kami percaya masyarakat Indonesia dapat memiliki kehidupan yang lebih baik, dari sisi keuangan keluarga maupun untuk berbisnis,” kata dia dalam siaran pers, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: BI Sebut Uang Elektronik Turunkan Penggunaan Uang Logam dan Peredaran Uang Palsu

Berdasarkan hasil survei UNICEF, UNDP, Prospera, dan SMERU tahun 2021 bertajuk Analysis of the Social and Economic Impacts of COVID-19 on Households and Strategic Policy Recommendations for Indonesia, sebanyak 75,3 persen rumah tangga yang memiliki anak mengalami penurunan pendapatan selama pandemi Covid-19.

Sementara itu, 51,5 persen responden tidak memiliki tabungan yang cukup. Adapun untuk bertahan hidup, 27,3 persen responden menggadaikan harta benda, dan 25,3 persen responden meminjam uang secara informal dari keluarga atau teman-teman.

Dari data tersebut, Daryanti melalui Yayasan Allianz Peduli menyampaikan edukasi pengelolaan keuangan sederhana untuk keluarga muda.

Keluarga muda diingatkan kembali akan pentingnya menabung, membuat pengeluaran berdasarkan skala prioritas, pencatatan keuangan termasuk uang masuk dan uang keluar sederhana, mempersiapkan dana darurat, dan pemahaman mengenai pentingnya perlindungan asuransi.

Baca juga: Ini Alasan BI Masih Pertahankan Uang Logam

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan pula pentingnya pemisahan antara keuangan pribadi atau keluarga, dengan keuangan untuk bisnis.

Daryanti berharap, setelah mengikuti sesi literasi keuangan ini, keluarga muda di wilayah Desa Wisata Taro Bali dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan dengan lebih baik lagi, dan menjadi pelaku UMKM yang semakin sukses mengembangkan bisnis.

Acara literasi keuangan ini disampaikan di Desa Wisata Taro, Kabupaten Gianyar, Bali dalam rangka mendukung rangkaian acara Top Agent Award 2022 yang diselenggarakan oleh Asisiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melambung, Menhub Minta Pemda Ikut Saweran Subsidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.