Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

14 Tips Membeli Rumah

Kompas.com - 19/08/2022, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Investasi yang cukup menguntungkan saat ini adalah membeli rumah. Hal ini karena inflasi dan kebutuhan atas properti yang membuat harganya semakin menanjak.

Itu sebabnya membeli properti tidak lagi mudah dan perlu berbagai pertimbangan untuk mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Tak jarang proses membeli properti bukanlah hal yang mudah karena diperlukan analisis yang matang, tidak cukup dengan memiliki uang saja.

Dikutip dari laman btnproperti.co.id, rata-rata harga rumah rumah komersil termurah di Kabupaten Bogor mulai dari Rp500 juta, di Depok mulai dari Rp400 juta, di Kota Tangerang mulai dari Rp500 juta, dan di Tangerang Selatan mulai dari Rp370 juta.

Hal ini dibahas juga oleh Djumiyati, dalam siniar Cuan, yang bertajuk “Yang Perlu Dipersiapkan untuk Beli Properti”. Djum memberikan saran dan pengetahuannya terutama bagi kita yang ingin bersiap-siap mempersiapkan dana untuk properti.

Djum menyampaikan pendapatnya soal ciri investasi properti. “Kalo yang diriset mungkin pengembang-pengembang yang udah terpercaya dari sekian lama bikin-bikin properti. Kalo di sektor riil gini, pemainnya gak banyak berubah."

Pengembang yang terpercaya biasanya hanya itu-itu saja, sehingga kita bisa mengamati dan melihat track record dalam dunia properti.

Pertimbangan Memilih Pengembang Properti

Track record yang dimiliki pengembang bisa menjadi pembuktian bahwa apakah pengembang tersebut pernah memiliki kasus yang merugikan pihak lain atau tidak.

Selain itu, dari track record kita bisa melihat konsistensi dan kualitas pengembang. Jika terdapat banyak keluhan mengenai kualitas atau mekanismenya, kita dapat mempertimbangkan mereka kembali.

Baca juga: Ingin Beli Properti? Perhatikan 5 Hal Berikut

Penting juga untuk mempertimbangkan tujuan properti yang dibeli. Misalnya untuk rumah tinggal atau disewakan sebagai tempat usaha. Untuk rumah tinggal, carilah daerah yang tidak banjir dan terdapat akses jalan besar.

Sementara, untuk disewakan sebagai tempat usaha, pertimbangkan kawasan dan akses yang menjangkau orang banyak.

Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli properti untuk rumah tinggal dikutip dari rumah.com.

14 Tips Saat Beli Rumah

  1. Cek harga pasaran rumah di area tersebut. Hal ini berguna untuk membandingkan harga yang orang lain dapatkan dan properti yang ingin dibeli.
  2. Tentukan Bekas atau baru untuk beli rumah pertama. Hal ini menyesuaikan harga rumah, pengurusan akta jual beli, sertifikat, pengurusan pajak bumi dan bangunan, listrik, dan lain-lain.
  3. Ketahui biaya total cicilan per bulan. Jangan sampai harga cicilan properti kita malah lebih mahal dari membelinya secara kontan.
  4. Ketahui harga akhir yang ingin dibayarkan. Karena harga akhir ini erat kaitannya dengan pengurusan berkas-berkas properti.
  5. Mengetahui kemampuan cicilan. Pertimbangkan juga apakah cicilan yang diajukan pengembang dapat kita penuhi hingga akhir melalui berbagai jaminan yang telah disanggupi.
  6. Bertanya kepada agen spesialis area tentang kondisi pasar properti. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi lingkungan tempat tinggal ke depannya.
  7. Paham akan risikonya. Risiko ini bisa berarti pengurangan nilai rumah, faktor daerah tempat tinggal, hingga risiko-risiko kecil seperti perbaikan-perbaikan yang perlu terus diperhatikan.
  8. Memperbaiki reputasi kredit.
  9. Apabila ingin mengajukan KPR, siapkan dokumen yang lengkap.
  10. Lakukan riset mengenai reputasi pengembang atau developer.
  11. Tentukan tipe rumah yang tepat. Tipe rumah ini berarti luas bangunan, misalnya untuk pasangan baru bisa menggunakan tipe rumah 45–70 meter, berbeda dengan pasangan yang telah memiliki anak karena memerlukan rumah yang lebih besar.
  12. Siapkan dana untuk material bangunan dan perabotan rumah. Material bangunan perlu dihitung jika kita membangun rumah atau ingin merenovasi rumah lama.
  13. Siapkan biaya lain-lain dan dana darurat.
  14. Pastikan rumah bebas dari hama.

Baca juga: Kunci Sukses Investasi, Pahami Siklus Ekonomi

Simak lebih lanjut pembahasan mengenai hal ini dalam siniar Cuan episode “Yang Perlu Dipersiapkan untuk Beli Properti” hanya di Spotify.

Dengarkan juga episode lainnya yang membahas mengenai perencanaan dan pengelolaan finansial, asuransi, investasi, juga kebutuhan finansial lainnya hanya di siniar Cuan, Cari Untung Bareng Teman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com