Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kenaikan Harga Pertalite, Wapres: Masih dalam Pembahasan...

Kompas.com - 22/08/2022, 05:09 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Santer terdengar kabar pemerintah akan mengerek harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite. Harga Pertalite disebut-sebut akan dinaikkan menjadi Rp 10.000 per liter.

Menanggapi kabar tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan, pemerintah masih dalam tahap pengkajian terkait hal ini.

"Ini masih terus dipikirkan, dalam penggodokan. Masih dalam pembahasan apakah jadi naik atau tidak. Namun, bagaimana ini berjalan dengan baik," tutur Wapres usai menghadiri Haul Akbar ke-23 Tahun Ulama Indonesia Alm. Habib Umar bin Hood Alatas, di Depok, Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Diisukan Naik Jadi Rp 10.000, Berapa Harga Asli Pertalite Tanpa Subsidi?

Wapres mengingatkan, kenaikan harga BBM jenis Pertalite ini juga sebenarnya karena ada peningkatan harga energi global. Peningkatan harga energi global ini juga kemudian menjadi beban tambahan bagi anggaran negara.

Apalagi, pemerintah pada tahun ini sudah memberikan subsidi energi dan kompensasi senilai hingga Rp 502 triliun.

Bila nantinya ada peningkatan harga BBM jenis Pertalite, maka menurutnya agar anggaran subsidi tidak cepat menipis dan tetap bisa diberikan kepada masyarakat.

"Beban subsidi negara besar sekali, kalau ada kenaikan (harga), ini agar (anggaran) subsidi bisa terus berlanjut," tandasnya. (Bidara Pink)

Baca juga: Luhut: Mungkin Presiden Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Wapres Ma'ruf Amin: Kenaikan Harga BBM Pertalite dalam Tahap Pengkajian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com