Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bio Farma Targetkan Vaksin Indovac Dapat Izin BPOM pada September 2022

Kompas.com - 22/08/2022, 14:07 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir menargetkan vaksin Indovac produksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), akan mendapatkan izin edar darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada awal September 2022.

“Kami sudah diaudit oleh BPOM, dan MUI. Itu sudah memenuhi kreitertia, Insya Allah kita sudah dapatkan (izin EUA dari BPOM) di pertengahan September paling lambat,” kata Honesti dalam acara Ngopi Bareng BUMN di Jakarta, Senin (22/8/2022).

Honesti mengungkapkan, pemberian nama vaksin Indovac atau Indonesia Vaccine dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Vaksin Indovac berbasis rekombinan kerja sama dengan Baylor University College Medicine.

Baca juga: Kapan Perbankan Layani Penukaran Uang Baru? Ini Kata BI

“Pengembangan vaksin Covid-19 sementara namanya vaksin BUMN. Tapi sebulan lalu udah di kasih nama sama Presiden, namanya vaksin Indovac,” jelas dia.

Honesti mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah memberikan data dan melakukan registrasi di BPOM.

Dalam beberapa waktu kedepan Bio Farma tinggal menunggu hasil dari BPOM. Adapun hasil yang dilakukan dalam uji klinis kepada 3.000 relawan menunjukkan hasil yang baik.

“Kita sudah hampir selesai registrasi di BPOM. (Dalam uji klinis) hasilnya sih Alhamdulillah dari 3.000 relawan hasilnya sangat amazing lah. Insya Allah mudah-mudahan awal atau pertengahan September kita akan segera dapet EUA dari BPOM sehingga Indonesia nanti benar-benar mandiri produk sendiri,” kata dia.

Baca juga: Cara Dapat Persetujuan Pendanaan Cepat dari KoinWorks

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com