Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Harga Telur Ayam Tertinggi Sepanjang Sejarah | Menhub: Kalau Mau Tiket Murah, Naik Pesawat di Hari Kerja

Kompas.com - 23/08/2022, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Harga Telur Ayam Tertinggi Sepanjang Sejarah, Rp 31.000 Per Kg, gara-gara Bansos?

Harga telur ayam naik tertinggi sepanjang sejarah, hingga mencapai Rp 31.000 per kilogram (kg) di sejumlah pasar tradisional dan agen telur di beberapa wilayah. Apa penyebabnya?

Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia (PPRN) Alvino Antonio mengatakan, salah satu alasan mengapa harga telur ayam naik adalah karena adanya program Bantuan Sosial alias Bansos dari pemerintah yang sengaja dimanfaatkan oleh oknum untuk menaikan harga.

"Pemerintah mengadakan bansos, ada berupa minyak goreng, telur, dan daging ayam ke masyarakat. Tentu dengan adanya bansos ini, demand untuk telur naik yang membuat stoknya dikit. Nah ini sengaja dimanfaatkan 'digoreng' supplier menaikkan harga, yah hukum ekonomi lah," ujar Alvino saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/8/2022).

"Sebenarnya tujuan bansos ini juga membantu peternak menyerap telurnya agar harga tidak anjlok. Tapi yah memang dugaan kami ada yang sengaja menggoreng," sambung Alvino.

Selengkapnya simak di sini

2. Dirut Jhonlin Agro Raya Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

Direktur Utama (Dirut) PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR), Zafrinal, mengundurkan diri dari perusahaan yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal Agustus 2022.

Hal itu terungkap dari surat pengunduran diri Zafrinal yang dibuat untuk Komisaris Utama Jhonling Agro Raya, Jhony Saputra, dan dimuat dalam laman keterbukaan informasi BEI.

"Berdasarkan pertimbangan kegiatan proyek baru di luar perseroan yang tidak bisa ditinggalkan, bersama surat ini saya menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Direktur Utama PT Jhonlin Agro Raya Tbk (Perseroan)," tulis Zafrinal, dikutip Senin (22/8/2022).

Lebih lanjut ia bilang, untuk menjaga proses tata kelola perusahaan yang baik, pengunduran dirinya mulai berlaku efektif sejak disetujui dalam gelaran Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan.

Baca selengkapnya di sini

3. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 42 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 42 telah dibuka sejak Minggu (21/8/2022). Informasi pembukaan pendaftaran kartu Prakerja Gelombang 42 ini disampaikan pihak manajemen melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

Bagi yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, bisa langsung login Prakerja Gelombang 42.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com